Dua Puskesmas Menggelar Rapat Problem Solving AKI dan AKB untuk Menurunkan Angka Kematian

oleh -30 views

transmetro.id, Selasa.17 Nopember 2020. Laporan Uwa Black, {Biro M Nasrallah/KH Aldin)

SERANG.TRANSMETRO.- Dalam rangka melaksanakan program kerja petugas kesehatan di dua Kecamatan, Pukesmas Kopo dan Puskesmas Nyompok melaksanakan rapat terbuka bersama para kader sekecamatan tepatnya di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Kopo Kabupaten Serang, Selasa (17/11/2020).

Turut hadir Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Muspika Kecamatan Kopo, beserta jajaran Koramil Kopo, Kepala Desa Sekecamatan Kopo, dan para Kader Kesehatan Sekecamatan Kopo.

Kepala Pukesmas Nyompok Dokter Ida menjelaskan, kegiatan hari ini membahas tentang Problem Solving, dimana kita bermusawarah dengan kader kader desa bagaimana cara kita menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di wilayah Kecamatan Kopo “ucapnya.

Ia juga menambahkan “dimana angka kematian ibu yang melahirkan di kecamatan tersebut alhamdulilah untuk wilayah pantauan petugas kesehatan kami khususnya wilayah nyompok tidak ada “harapnya.

Lanjut Dokter Ida “selama ini di Pukesmas Nyompok,untuk menurunkan angka AKI dan AKB , dari pertama hamil, setelah ketahuan hamil konsultasikan dengan Dokter, nanti di cek Laboratorium,  kemudian jika hasilnya di temukan (RESI) Resiko tinggi langsung kita rujuk ke Dokter sepesialis untuk di tangani lebih lanjut “tuturnya.

Masih di tempat yang sama Kepala Puskesmas Kopo Nyonya Siti Juhaeni Am.Keb, menambahkan “untuk ibu hamil kami gunakan metode P4, dan kita tanyakan mau melahirkannya dimana, rencana persalinan kita cek ada E-ktp dan Bpjsnya ada atau tidak.

Kami menekankan agar para suami wajib mendampingi ibu untuk periksa ke hamilan ketemu dokter, jadi kami tidak kesulitan pada saat proses persalinan “imbuhnya.

Dan apabila ada pasien yang tidak mempunyai Bpjs untuk persalinan, langkah pertama dia harus mengurus SKTM, atau dengan JAMPERSAL
Harapan kami masyarakat kopo lebih paham tentang pentingnya persalinan di FASKES untuk bisa menurunkan angka ke matian di saat ibu sedang mau melahirkan, Ibu sehat Bayi Selamat “paparnya.

Camat Kopo Tenda Subekti mengatakan “Kami selaku Pemerintah Kecamatan Kopo sangat mengapresiasi atas di adakanya rapat Problem Solving ini, semoga masyarakat kopo dapat mengerti akan betapa pentingnya menjaga kesehatan dari diri kita sendiri “harapnya.

Turut hadir Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Muspika Kecamatan Kopo, beserta jajaran Koramil Kopo, Kepala Desa Sekecamatan Kopo, dan para Kader Kesehatan Sekecamatan Kopo.

Editing Frans Hp

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *