Pemerintah Daerah Tidak Memiliki Kewenangan Bubarkan Ormas

oleh -54 views

SUKABUMI.TRANSMETRO.- Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, membantah sebuah pemberitaan yang dimuat dalam satu media online yang menyebutkan bahwa Pemerintah Kota Sukabumi akan mencabut izin 2 ormas.

Bantahan tersebut disampaikan Wali Kota melalui unggahan media sosial Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi pada hari Selasa, 3 November 2020.

Dalam unggahan tersebut dijelaskan bahwa sesuai Undang – undang nomor 16 tahun 2017 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan, kewenangan perizinan dan pembubaran suatu organisasi kemasyarakatan, hanya dimiliki oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

2 ormas yang sempat berseteru pada hari minggu lalu, telah sepakat menjalin perdamaian. Kesepakatan berdamai tersebut ditandatangani kedua belah pihak, pada hari Senin, 2 November 2020, di Pendopo Sukabumi. Hadir dalam acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Inf/kta/Linda

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *