Dr. Ir. Prima Mayaningtyas, M.Si :  Mereview Kembali DLH 2020, Sesuai Dengan Komitmen Gubenur Jabar

oleh -205 views

Alhamdulillah dari tahun ke tahun semakin menaik dan tahun 2019, kita punya nilai 52,12 yang meningkat dari indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) sebelumnya 49,34.

Bandung, Selasa, 29 Desember 2020, transmetro.id, red.

TRANSMETRO.- Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, menyampaikan terkait mengulas kegiatan kinerja masa bakti Tahun 2020.

Seiring dengan itu, dalam proses pelaksanaan kegiatan dinas tersebut banyak sekali peningkatan, hal tersebut seperti yang disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dr. Ir. Prima Mayaningtias, M, Si. Selasa (29/12/20)

Dalam penyampaiannya, Prima, “Dalam mereview kembali kegiatan dinas lingkungan hidup provinsi Jawa Barat ditahun 2020.

Dimana sudah lakukan, kinerja kita yang terukur melalui Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) dan Trend Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat.

‘Alhamdulillah dari tahun ke tahun semakin menaik dan tahun 2019, kita punya nilai 52,12 yang meningkat dari indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) sebelumnya 49,34.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa indeks kualitas lingkungan hidup terdiri dari indeks kualitas air (IKA), indeks kualitas udara (IKU) dan indeks kualitas tutupan lahan (IKTL)

Baca Juga  Manajemen PT.CS2 POLA SEHAT Menerapkan Peraturan Di Saat Pandemi Covid 19. Kok Seperti Ini ?

‘Alhamdulillah kinerja kami tahu, bahwa lingkungan itu harus didukung oleh semua stakeholder sehingga peran dari pemerintah pusat, kami dari provinsi dan juga Kabupaten dan kota selalu dan seluruh terkait dalam hal ini sangat berperan dan sangat mendukung pihak terhadap kenaikan dari pada nilai indeks kenaikan kualitas lingkungan hidup itu sendiri.

Dan beberapa kegiatan yang sudah dilakukan ditahun 2020 kaitan mendukung indeks kualitas lingkungan hidup sendiri, bahwa kegiatan kaitan dengan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS dalam hal ini yang menjadi projek strategi nasional adalah DAS Citarum, dimana disini kami bekerja dengan TNI yang sejumlah hampir 2000 personil yang terbagi dalam 23 sektor di komandani oleh seorang kolonel pada setiap sektornya yang kita namai Dansektor.

Dan menunjukan indeks kualitas dari manapun status pencemaran di Citarum khususnya juga meningkat dari cemar berat kepada cemar ringan.

Ini menunjukkan bahwa ternyata dengan peran serta semua pihak ini untuk masalah lingkungan Insya Allah bisa kita wujudkan dengan baik.

Baca Juga  Kabar Istimewa Bagi Pecinta Kopi, Ternyata Konsumsi Kopi Dengan Cara Seperti ini, Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh.

Kemudian beberapa kegiatan tahun 2020, selain Citarum, kita juga masuk kepada pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Cimalaya dan DAS Cileungsi juga yang memang merupakan kewenangan dari provinsi dan polanya sama juga dengan Citarum.

Kemudian kaitan beberapa program untuk pengendalian kerusakan maupun pencemaran lingkungan kami juga ada kegiatan kaitan pembinaan industri.

Pembinaan industri dalam bentuk proper yang memang program pusat dan juga properda yang merefleksi program pusat kita lakukan terhadap 200 industri, dan Alhamdulillah trendnya semakin baik, jadi industri dengan hasil kita katagorikan kepada katagori proper biru yang memenuhi ketentuan izin lingkungan yang kita telah kita keluarkan maupun yang hijau dan bahkan proper yang emas juga ada di provinsi jawa barat.

Sehingga menunjukan bahwa sebenarnya industri-industri ini pun ikut berperan serta ingin melakukan usaha namun demikian tetap menjaga lingkungan dengan baik.

Kemudian kaitan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat beberapa program yang kita lakukan adalah program kaitannya dengan pemberdayaan bank sampah kurang lebih 1700 bank sampah yang ada di jawa barat dan kita terus galakan,

Baca Juga  Berdesakan Menuju Bilik Suara, Kurangnya Kesiapan Panitia Pilkades Purwasari.

bagaimana bank sampah ini bisa menangani permasalahan sampah khususnya plastik yang kita tahu, bahwa plastik tidak bisa tergradasi dilingkungan yang kita lakukan mulai program tersebut ini melalui ecovillage kemudian patroli sungai dan juga kemitraan lain,

dan Alhamdulillah 2020 ini mendapatkan penghargaan yang kita usulkan masyarakat yang memperoleh Kalpataru dan juga penghargaan yang kita dapatkan 2020 adalah Nirwasita Tantra setingkat nasional menunjukan bahwa Green Leadership dari bapak gubernur bapak Ridwan Kamil telah menunjukan komitmen yang sangat tinggi terhadap pengendalian, pemulihan kerusakan dan pencemeran lingkungan

Terakhir kaitan dengan penegakan hukum yang kini kita lakukan selalu baik sipatnya pengenaan sanksi administrasi maupun lanjutnya dengan pidana bagaimana kita melakukannya berkolaborasi dengan aparat penegak hukum terkait.

Dan ini ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa semua kegiatan usaha yang tidak memiliki ketentuan maka akan bisa dilakukan sanksi yang merupakan efek jera bagi masyarakat

Demikian mungkin yang bisa kami sampaikan mengenai evaluasi kilas kegiatan dinas lingkungan hidup (DLH)

Redaktur, Frans Hp

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *