Lestarikan Alam, Hutan Kasepuh Ditanami 10.000 Pohon

oleh -104 views

Selain di Kasepuhan Guradog, penanaman pohon juga dilakukan di hutan Kasepuhan Pasireurih, Kecamatan Sobang dan penanaman dilakukan di lahan-lahan kritis pada kedua wilayah tersebut.

Lebak, transmetro.id, Senin,21 Desember 2020, Laporan Maman (Biro Lebak M Nas/KH Aldin)

TRANSMETRO.-Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPD HA IPB) Banten beserta Majelis Permusyawaratan Masyarakat Kasepuhan (MPMK) Kabupaten Lebak lakukan penanaman 10.000 pohon di hutan Kasepuhan Guradog, Kecamatan Curug Bitung, Pada hari Minggu, (20/12/2020).

Selain di Kasepuhan Guradog, penanaman pohon juga dilakukan di hutan Kasepuhan Pasireurih, Kecamatan Sobang dan penanaman dilakukan di lahan-lahan kritis pada kedua wilayah tersebut.

Dihadiri Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi dan mengapresiasi kegiatan penanaman 10.000 pohon yang diinisasi DPD HA IPB Banten Dan MPMK,

Ade Sumardi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kerja nyata masyarakat adat dalam menjaga dan melestarikan alam sebagai salah satu upaya dalam mitigasi bencana alam di Kabupaten Lebak.

“Adat menjadi motor penggerak dalam menjaga dan melestarikan alam, karena Masyarakat adat sendiri hidup dengan alam. Saya berharap kegiatan ini diikuti oleh seluruh masyarakat kabupaten lebak” Ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPD HA IPB Banten, Junaedi Ibnu Jarta menjelaskan, penanaman 10.000 pohon yang dilakukan hari ini, merupakan penanaman secara simbolis dan sisanya (bibit pohon) akan diberikan kepada masyarakat untuk ditanam di wilayah adat komunal masing-masing.

“Selain di tempat ini secara simbolik, ada juga kasepuhan secara bersamaan paralel di kasepuhan pasir eurih, mereka juga disana melakukan penanaman secara simbolik dan sisanya di bagikan kepada masyarakat adat untuk ditanam di hak komunal adat masing-masing” Pungkasnya.

Redaktur, Frans Hp

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *