Jajaran Korem 033 WP Sambut Kedatangan Tim Kemenkopolhukam RI

oleh -52 views

Kedatangan rombongan ke Markas Korem 033/WP Tanjungpinang itu adalah dalam melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) guna memonitoring kebijakan Pengamanan Wilayah Perbatasan Negara di PPKT (Pulau-Pulau Kecil Terluar) khususnya di Pulau Bintan.

Nasional ,transmetro,27 Januari 2021 

Sumber: Korem 033 WP Tanjungpinang

TANJUNGPINANG -Kepala Seksi Intelijen dan Staf Korem (Kasi Intel Kasrem) 033/Wira Pratama (WP), Kolonel Inf Firalta P Tarigan didampingi oleh Pejabat Utama (PJU) Komando Resor Militer (Korem) 033/WP dan Kepala Badan Pelaksana (Kabalak) Aju Korem 033/WP menyambut kedatangan Tim Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenkopolhukam RI) yang dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan RI Brigjen TNI Yasid Sulistya, S.Sos., M.Si.,.

Kedatangan rombongan ke Markas Korem 033/WP Tanjungpinang itu adalah dalam melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) guna memonitoring kebijakan Pengamanan Wilayah Perbatasan Negara di PPKT (Pulau-Pulau Kecil Terluar) khususnya di Pulau Bintan.

Selain itu, untuk sinkronisasi pengelolaan tata ruang wilayah dan Rancangan Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) pertahanan serta peran serta TNI dalam penanganan Covid-19 di wilayah Korem 033/WP.

Baca Juga  Update Covid-19 di Indonesia 9 Mei 2020: Positif 13.645 Orang, 959 Meninggal Dunia dan 2.607 Sembuh

Kepala Seksi Perencanaan (Kasiren) Kasrem 033/WP, Kolonel Inf Dwi Maryanto, dalam paparannya, mengatakan bahwa jumlah seluruh pulau terluar ada adalah sebanyak 22 pulau. Terdiri dari empat pulau di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/Bintan, tiga pulau di Kodim 0316/Batam, dua pulau di wilayah Kodim 0317/Tanjung Balai Karimun (TBK) dan 13 pulau di Kodim 0318/Natuna.

“Ada beberapa pulau di wilayah Provinsi Kepri yang dikelola oleh pihak asing antara lain, pulau Segayang/P Anak Petong, Pulau Tunjuk, Pulau Nikoi, Pulau Pangkil Kecil dan Pulau Bawah. Ada juga pulau yang tak berpenghuni yakni Pulau Nipah. Disana (Pulau Nipah) ditempati dan dijaga oleh personel dari TNI Angkatan Laut (AL),” ujar Kolonel Inf Dwi, saat memaparkan terkait PPKT dan upaya penanganan Covid-19 di wilayah Korem 033/WP sebagai implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penanganan Covid-19, di Ruang Rapat Korem 033/WP Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga  Polisi Berhasil Menagkap AS, Pria Yang Perkosa Wanita Penjual Gorengan di Kebun Sawit.

Untuk situasi perkembangan Covid-19 di wilayah Kepri, katanya, berdasarkan update terakhir data Covid-19 Provinsi Kepri tanggal 27 Januari 2021 di https://g.co/kgs/Ax5PPP, sebanyak 7.891 kasus.

“Rinciannya ialah, 727 pasien dalam perawatan, 6.970 pasien sembuh dan 194 pasien meninggal dunia. Nah untuk kendala yang dihadapi, masih banyaknya masyarakat yang melanggar Protokol Kesehatan. Semua upaya melalui kegiatan preventif telah dilakukan mulai dari sosialisasi Protokol Kesehatan, gerakan hidup bersih dan sehat, gerakan maskerisasi, mengelar Pengamanan (Pam) pintu masuk/keluar wilayah, bagi Palang Merah Indonesia (PMI) yang masuk melalui jalur laut maupun udara wajib menunjukan hasil swab, mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) melalui gugus tugas dalam penyiapan Sarana dan Prasarana (Sarpras) kesehatan, membentuk Pos Pengamanan (Pospam) Terpadu sampai dengan monitoring dan evaluasi kegiatan termasuk menggelar apel evaluasi Tiga Pilar,” jelasnya secara rinci.

Secara umum, lanjutnya, penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Kepri berjalan baik, aman dan kondusif, berbagai upaya yang telah dilakukan secara bersama-sama dengan seluruh stakeholder ataupun instansi terkait serta semua komponen masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat terhadap Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca Juga  Demi Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Indosat Bagi Promo Paket Belajar 30 GB Seharga Rp. 1

“Kunci utama dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Kepri adalah sinergitas yang terjalin cukup erat antar stakeholder di wilayah Kepri,” kata dia.

Sementara, Asisten Deputi Bidang Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan Kemenkopolhukam, Brigjen TNI Yasid Sulistya, S.Sos., M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih telah mempresentasikan PPKT dan perkembangan Covid-19 serta upaya penanganan yang telah dilakukan bersama-sama dengan seluruh instansi dan stakeholder terkait di wilayah Provinsi Kepri, menurutnya sudah sangat baik.

“Dengan keikhlasan yang telah dilaksanakan oleh Korem 033/WP dan Satuan Jajaran, semoga kedepan lebih sukses dalam mengemban tugas dari Negara kita tercinta ini. Apa yang dipresentasikan hari ini, akan kami bawa sebagai hasil laporan tim kami,” ujarnya.

 

Editor : Tatang.Sutendi

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *