Ketua Fraksi Gerindra Kabupaten Sukabumi Fasilitasi Warga Bentuk Koperasi

oleh -157 views

Transmetro.id – Ketua Fraksi Gerindra Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan,S.Pd,MM.Pd. Membantu dan menfasilitasi keinginan warga membentuk Koperasi. Acara yang di langsungkan di Kampung/ Desa Citepus Kecamatan Palabuhanratu,Jum’at (5/2/2021).

Di hadiri langsung Kepala Bidang Koperasi, pada Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi,Reni Ratnawati dan Kepala Seksi Kelembagaan Koperasi, Asep Saeful Anam.

Usep Wawan,yang juga selaku anggota DPRD Kabupaten Sukabumi,asal Dapil I Palabuhanratu ini,mendorong. Pada saat perekonomian saat ini terpuruk,karena dampak COVID-19,di perlukan penguatan ekonomi warga melalui lembaga Koperasi. “Kami dorong dalam penguatan ekonomi,agar warga membentuk wadah ekonomi berupa Koperasi,” ajaknya.

Sementara itu,Kepala Bidang Koperasi DPKUKM Kabupaten Sukabumi,Reni Ratnawati,mengajak warga berkomitmen dalam pembentukan Koperasi. “Diperlukan komitmen bersama dalam pembentukan Koperasi,karena tanpa Komitmen yang jelas Koperasi tidak akan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Hal teknis juga disampaikan Kepala Seksi Kelembagaan Koperasi, Asep Saeful Anam,menjelaskan. Ada dua bentuk Koperasi yakni primer dan sekunder. “Koperasi Primer adalah Koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan orang-orang beranggotan sedikitnya 20 orang. Sedangkan Koperasi Sekunder,Koperasi yang didirikan badan hukum Koperasi(gabungan badan-badan hukum Koperasi), sedikitnya didirikan oleh tiga badan hukum Koperasi,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan,menurut jenisnya, ada Koperasi Konsumen, Koperasi Pemasaran,Koperasi Produsen,Koperasi Jasa dan Koperasi Simpan Pinjam. Ada perbedaan mencolok diantara koperasi tersebut.

Empat jenis Koperasi dimaksud, konsumen, produsen dan jasa boleh memiliki usah pendukung atau usaha tambahan, salah satunya unit Simpan Pinjam.  Tetapi Koperasi Simpan Pinjam,sebaliknya tidak boleh memiliki usaha pendukung, misal unit perdagangan. Harus murni unit Simpan Pinjam dan melayani anggota Koperasi, tegasnya.

Hadir dalam pembentukan Koperasi yang bernama Ratu Cipta Buana(RCB), Ketua Fraksi Gerindra Kabupaten Sukabumi, Ketua DPD Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) Kabupaten Sukabumi, para pedagang kawasan Ruang Terbuka Hijau(RTH) pantai Citepus, pengelola jasa parkir,para ketua kelompok Budi daya dan pengolah ikan,kelompok Tani,pelaku usaha home industri,pengrajin cendra mata dan warga para calon anggota.

Reporter : Sopandi
Editor : Frans Hp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *