Putra Terbaik Trenggalek Menjabat Sebagai Jaksa Agung Sekaligus Pahlawan Nasional

oleh -95 views

Trenggalek, transmetro.id  Minggu, 07 Januari 2021, Laporan Cr1, Linda Herlina

TRANSMETRO,-Kalau anda sering menjumpai nama jalan Jaksa Agung Suprapto di kota-kota besar seluruh Indonesia, itu adalah nama salah seorang Putra Terbaik Trenggalek yang menjabat sebagai Jaksa Agung sekaligus Pahlawan Nasional yg namanya harum sehingga dipakai sebagai nama jalan penting di kota besar hampir di seluruh Indonesia.

R. Suprapto dilahirkan di Trenggalek dari seorang ayah R B. Hadiwiluyo yg menjabat pada saat jaman Belanda sebagai kolektur Trenggalek dan seorang ibu bernama R R. Utari.

Beliau merupakan salah satu cucu Patih Trenggalek yang bernama RB. Prawiroloyo yg hidup pada tahun (1837 – 1923) dan makamnya dapat kita saksikan di puncak Gunung Cilik “Margo Esis”.

Baca Juga  Nia Ramadhani, Di Usia ke-30 Lebih Tampil Elegant, dan Makin Mempesona.

Margo Esis adalah sebuah tempat ziarah makam dan juga menjadi destinasi wisata yang berada di pojok sebelah timur utara Kota Trenggalek, yang dulu sebelum tahun 1990-an menjadi jujugan untuk rekreasi anak-anak.

Karena dekat dengan kota, dg menaiki gunung cilik dari Margo Esis tersebut kita dapat melihat wajah kota Trenggalek yang sangat menawan dari atas ketinggian.

Disinilah terdapat cungkup komplek makam para leluhur Jaksa Agung Suprapto disemayamkan.

Perjalanan karir Jaksa Agung Suprapto dimulai dari Pengadilan Negeri Tulungagung sebagai Griffer (Panitera) saat usianya masih sangat muda 19 tahun. Beliau juga pernah menjadi Hakim di Salatiga dan Pekalongan antara tahun 1941 – 1942.

Baca Juga  Pengantin Wanita Dinyatakan Meninggal, Satu Jam Sebelum Menjelang Akad Nikah, : Duka Menyelimuti Dua Keluarga.

Sebelum diangkat menjadi jaksa agung R. Suprapto diangkat oleh Presiden Pertama, Ir. Sukarno menjadi Hakim Agung pada tgl. 20 Juli 1950, namun tidak begitu lama, selang lima bulan kemudian tepatnya tgl. 2 Desember 1950 Presiden Sukarno berkenan mengangkat R. Suprapto menjadi Jaksa Agung berdasarkan Keputusan Presiden No.64 tgl.2 Desember 1950.

Jaksa Agung Suprapto merupakan satu-satunya Jaksa Agung yg menjabat selama 9 tahun dan selama jabatannya itu menorehkan catatan tinta emas dlm sejarah kejaksaan karena terkenal sbg Jaksa Agung yg sangat berani dan berwibawa serta tidak pernah tunduk pada tekanan politik maupun tekanan penguasa sehingga Korp Kejaksaan merasa perlu mengangkat beliau sebagai Bapak Korp Kejaksaan yg ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung Mayjen Sugih Arti No.061/DA/7/1967 tertanggal 22 Juli 1967.

Baca Juga  Diprediksi Macet, BPTJ Imbau Masyarakat Manfaatkan Jalur Alternatif ke Puncak

Sebagai warga Trenggalek tentu kita merasa bangga mempunyai putra terbaik yg menjabat di puncak jabatan tertinggi Jaksa Agung sekaligus menjadi Pahlawan Nasional.

Sebagai tanda penghormatan, marilah kita lestarikan peninggalan beliau yg masih ada di Trenggalek yg berupa makam para leluhurnya yg berada di puncak gunung cilik,”Margo Esis”.
Tempatnya setrategis sbg distinasi wisata ( wisata religi sekaligus cagar budaya) pantas kita lestarikan sbg gardu pandang dlm menikmati keindahan Kota Trenggalek dari atas. #Margo_Esis

Redaktur, Frans Hp

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *