Aksi Solideritas Bela Wartawan, Ketua DPW MOI Banten Ancam Gelar Aksi Demo

oleh -97 views

“Aksi bela wartawan dalam waktu dekat akan dilakukan. Walaupun pandemi Covid-19, kami akan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan. Karena mereka (wartawan*red) tidak bersalah dan sudah sesuai prosedur etika jurnalistik,”

Serang,transmetro,Jumat 12 Maret 2021

SERANG – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Media Online Indonesia (MOI) Gustiawan Rengga mengancam akan menggelar unjuk rasa terkait  adanya dugaan ancaman yang dilakukan oleh Kasi Intel Kejari Lebak, melaporkan ke Polisi Resort Lebak terkait pemberitaan. Aksi unjuk rasa akan digelar dihalaman kantor Kejaksaan dan Polres Lebak.

“Aksi bela wartawan dalam waktu dekat akan dilakukan. Walaupun pandemi Covid-19, kami akan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan. Karena mereka (wartawan*red) tidak bersalah dan sudah sesuai prosedur etika jurnalistik,”ungkap Ketua DPW Provinsi Banten. Jum’at (12/3).

Baca Juga  Halal Bihalal ARUN Mengusung Tema Sucikan Hati Kembali ke Fitri

Ia pun mendesak Kepala Kejaksaan Negeri Lebak, agar mengusut tuntas biaya partisipasi senilai Rp.15 juta yang diduga telah diminta oleh Jaksa KO dalam rangka pertemuan dengan Kejagung di Hotel Serang. Kendati belum di terima uang tersebut dari Sudirman akan tetapi permasalahan ini menjadi pemicu antara wartawan dengan Kejaksaan Negeri Lebak.

“Kami meminta kepada Kepala Kejaksaan Negeri Lebak untuk segara mencopot jabatan Kasi Intelejen. Sebab kami menilai Kasi Intelejen di Lebak tidak paham, dan terkesan tidak mengerti tentang perbedaan undang pers dengan KUHP. Akibatnya wilayah hukum Lebak tidak berkeadilan,”terangnya.

Lanjut, Rengga pihaknya meminta terhadap Polres Lebak untuk lebih selektif ketika menerima dan menindaklanjuti laporan, terlebih kali ini terkait dengan undang-undang Informasi dan teknologi elektronik (ITE).

Baca Juga  SMA Bina Putra, Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Ekstrakulikuler

“Kami berharap terhadap Polres Lebak untuk mengkaji ulang laporan terhadap wartawan, karena kami menilai ketiga wartawan tersebut sudah sesuai dengan etika jurnalistik dan di dasari dengan adanya narasumber,”tuturnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat ini MOI DPW Provinsi Banten akan segera bersurat ke DPP MOI dan seluruh DPC se Provinsi Banten  tentang Aksi bela wartawan di wilayah hukum Lebak.

Sementara itu, Ketua DPC Kabupaten Serang sekaligus Pimred Mitra Banten News, Anas Nasihun mengapresiasi terhadap Ketua DPW MOI Provinsi Banten yang bakal menggelar aksi demonstrasi terkait adanya wartawan yang dilaporkan di wilayah hukum Lebak.

“Kami mendukung, dan siap turun kelapangan, terlebih yang dilaporkan merupakan salah satu media yang tergabung ke dalam MOI. Maka kami DPC Kabupaten Serang siap membawa massa yang dibutuhkan oleh Ketua DPW MOI Provinsi Banten,”tandasnya.

Baca Juga  Cek 12 Fakta, Istri Berhubungan Dengan Pria Lain di Temani Suami, yang ke-9 Mencengangkan.

 

Reporter : M.Nasrulloh

Editor : Tatang.S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *