Terinspirasi Pos Pamtas, Warga Perbatasan Dibantu oleh Personel Satgas Yonif 642 Membuat Kebun Toga di Halaman Rumahnya

oleh -48 views

Satgas Pamtas Yonif 642/Kps Pos Temajuk, membantu salah satu warga untuk membuat Kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga) di halaman rumahnya yang berada di Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kecamatan. Paloh, Kabupaten. Sambas.

Nasional,transmetro,Rabu 03 Maret 2021

SAMBAS KALBAR – Satgas Pamtas Yonif 642/Kps Pos Temajuk, membantu salah satu warga untuk membuat Kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga) di halaman rumahnya yang berada di Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

Dalam rilisnya di Mako Satgas Entikong, Sanggau, Rabu (03/03/2021), Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa, mengatakan bahwa membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan harus terus dilakukan untuk menjaga kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Baca Juga  Ini Kata UAS, Soal Keabsahan Shalat Dengan Shaf Berjarak.

“Kita harus selalu dekat dengan masyarakat, kehadiran kita diperbatasan ini harus memberi manfaat kepada warga.” ujar Dansatgas.

Sementara itu, Komandan Pos (Danpos) Temajuk, Letda Inf Ryan Hidayat, mengungkapkan keinginan warga untuk membuat Kebun Toga di halaman rumahnya karena terinspirasi dari Kebun Toga yang ada di Pos Pamtas Temajuk.

“Warga tersebut meminta bantuan anggota pos untuk membuat kebun Toga juga di halaman rumahnya, seperti kebun Toga yang ada di Pos kami,” ungkap Danpos.

Danpos menambahkan, Toga adalah tanaman hasil budi daya rumahan yang berkhasiat sebagai obat, dengan memanfaatkan lahan yang ada dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan seperti contoh tanaman jahe, lengkuas, kunyit.

Baca Juga  Ternyata Selain Ardi Bakrie, Nia Ramadhani Punya Sosok Penting Dalam Hidup nya, Ketegarannya Bikin Luntur Seketika.

“Tanaman Toga dapat memacu usaha kecil menengah dibidang obat-obatan herbal secara individu, setiap keluarga bisa menanam tanaman obat secara mandiri di rumahnya dengan memanfaatkan lahan yang ada serta dimanfaatkan hasilnya nanti, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga,” ujar Letda Inf Ryan Hidayat.

“Oleh karena itu, saya berharap dengan adanya Kebun Toga disini, manfaatnya dapat dirasakan oleh semua warga di sini dalam upaya meningkatkan taraf kesehatan masyarakat” tutup Danpos.

Ibu Karni (45) selaku pemilik lahan, merasa senang atas perhatian dan pendampingan yang dilakukan oleh anggota Pamtas.

“Terima kasih atas bantuan bapak TNI, semoga kebun toga ini nantinya bisa bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat sekitar, saya terinspirasi memanfaatkan lahan kosong di depan rumah untuk dijadikan Kebun Toga, karena saya waktu itu ikut kegiatan pembuatan Kebun Toga di Pos Pamtas Temajuk,” Pungkasnya.

Baca Juga  Wajah Baru STNK yang Berbentuk Kartu : Ada Chip di Dalamnya Seperti SIM Elektronik.

 

Sumber : Pen Satgas Yonif 642/Kps

Editor : Tatang.S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *