CBI Sukabumi Jadi Rujukan Dosen Perguruan Tinggi di Jabar dan Banten di Bidang Kurikulum

oleh -93 views

Transmetro – Setelah berhasil lulus meraih Akreditasi sistem terbaru Standar 9 / 4.0 BAN PT dengan nilai “BAIK” ,maka Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia (CBI) Sukabumi dijadikan pula rujukan oleh banyak dosen Perguruan Tinggi di Jawa Barat dan Banten untuk bidang Kurikulum Kampus Merdeka melalui Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional berbasis H.O atau berpikir tingkat tinggi.

Hal itu terbukti dalam rentang waktu pertengahan tahun 2020 sampai tahun 2021, antusias dosen mengikuti pelatihan di Perguruan Tinggi CBI sangat tinggi. Jumlahnya hingga mencapai ratusan orang dosen dari berbagai Perguruan Tinggi di Jawa Barat dan Banten. Apalagi pelatihan ini wajib diikuti oleh Dosen S2 dan S3 yang akan mengajukan Jabatan Fungsional Dosen / AA.

“Sertifikat hasil pelatihan merupakan syarat wajib pendamping ijazah untuk mendapatkan jabatan fungsional asisten ahli dari negara,” ujar Dosen CBI Sukabumi sekaligus Tutor pelatihan Yulianti, M.Pd.

Dari informasi yang diperoleh, sejauh ini ada dua Perguruan Tinggi yang berkualifikasi aktif mengadakan pelatihan seperti ini di Jawa Barat dan Banten, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan CBI Sukabumi.

“Sebagai warga Sukabumi kita bersyukur bahwa salah satu Perguruan Tinggi kita [CBI Sukabumi] diperhitungkan oleh dosen-dosen Perguruan Tinggi di Jawa Barat dan Banten hingga dijadikan tempat belajar atau pelatihan kurikulum terkini,” paparnya.

“Ratusan orang dosen yang sudah mengikuti pelatihan itu berasal dari 35 Perguruan Tinggi di Jabar dan Banten, diantaranya dosen dari Universitas Telkom Bandung, Uninus Bandung, Universitas Pakuan Bogor, STMIK Dharma Negara Bandung. Kemudian, dari Institut Darul Quran Tangerang, STIKES Prima Bekasi, Akpar Nusantara Serang, Unsur Cianjur, UMMI Sukabumi, STH Pasundan Sukabumi dan lainnya,” ucapnya.

Tutor atau pembicara dalam pelatihan merupakan dosen Perguruan Tinggi CBI yaitu Rafdi,M.A sebagai keynote speaker dan Yulianti, M.Pd sebagai speaker yang sudah bersertifikat resmi dan mendapatkan penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah IV Jawa Barat dan Banten.

Pada awalnya, CBI Sukabumi juga benar-benar seperti uji nyali dengan berani memaparkan desain/ konsep tentang desain pembelajaran higher order untuk kurikulum terkini bagi Perguruan Tinggi yang dipresentasikan ke LLDIKTI Bandung.

“Bolak balik kami (Rafdi dan Yulianti) membawa konsep/karya hasil rumusan Kami untuk meyakinkan Pemerintah (LLDIKTI WIL.IV) hingga akhirnya memetik keberhasilan dengan disetujuinya Perguruan Tinggi CBI menjadi penyelenggara pelatihan dengan desain/konsep kreasi sendiri dan sekaligus sebagai pemateri/ tutor.

Selain itu, sebagai informasi, bagi peminat yang ingin gabung kuliah di CBI Sukabumi dapat mendaftar melalui daring atau online dengan mengklik, www.s.id/pmbcbi. Tersedia kelas karyawan dan reguler. Jurusan yang tersedia adalah Program Diploma Tiga yang meliputi: Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi, dan Perhotelan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *