Warga Sukabumi Diharap Tetap Donor Darah Selama Puasa

oleh -98 views

Ilustrasi, Gambar Tirto.id

Stok labu darah di PMI Sukabumi hanya untuk pasokan seminggu.

Sukabumi, transmetro.idRabu, 14 April 2021, 13:43 WIB 

TRANSMETRO — Stok labu darah di awal puasa di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi dinilai masih mencukupi. Namun stok ini hanya untuk seminggu dan diharapkan warga bisa mendonorkan darahnya di bulan puasa.

”Ketersediaan labu darah saat ini masih mencukupi sekitar 100 labu darah lebih untuk semua golongan darah,” ujar Kabid Pencarian Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2DDS) UTD PMI Kabupaten Sukabumi Agus Sutisna kepada Republika.co.id, Rabu (14/4). Labu darah ini berasal dari kegiatan donor darah massal sebelum bulan Ramadhan.

Misalnya donor darah di Lapas Warungkiara, Kecamatan Purabaya, PT Sarandi Cisaat, dan RSUD Sekarwangi Cibadak. Selain itu donor darah dari DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi.

Agus menerangkan, labu darah ini dipasok ke sejumlah rumah sakit seperti RSUD Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, RSUD Jampang Kulon, dan RSUD Palabuhanratu. Hal ini karena di rumah sakit itu tersedia bank darah.

Agus menuturkan, per harinya permintaan labu darah per bulannya mencapai 1.500 kantong darah. Namun pada kondisi saat ini permintaan labu darah sebenarnya berkurang setengah menjadi 700 kantong darah per bulan.

Menurut Agus, stok labu darah sekitar 100 lebih yang ada saat ini hanya untuk kebutuhan sepekan. ”Oleh karenanya di bulan puasa, warga diharapkan tetap berdonor darah bisa di malam hari setelah shalat tarawih,” imbuh dia.

Namun diakuinya kegiatan donor darah di bulan puasa biasanya berkurang dibandingkan kondisi biasa. Sehingga PMI berharap ada kesadaran warga untuk tetap donor darah.

Sebelumnya, gerakan donor darah massal digencarkan di Kabupaten Sukabumi menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Langkah ini untuk mempersiapkan stok labu darah di masa bulan puasa.

Aksi sosial kemanusiaan ini misalnya digagas dalam rangka milad ke-23 DPD PKS Kabupaten Sukabumi pada Sabtu (10/4). Donor darah mengambil tema Sukabumi Walagri lahir batin.

”Kegiatan ini digelar sebagai wujud kepedulian PKS atas kemausiaan khususnya menjelang bulan puasa,” ujar Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, M Sodikin, seperti yang dikutif dari republika.co.id, Sabtu (14/04/21).

Kegiatan ini sejalan dengan tagline bersama melayani rakyat berusaha untuk senantiasa hadir di tengah masyarakat. Di mana dalam hal kemanusiaan dan kesehatan PKS ingin berkontribusi bersama pemerintah mewujudkan cita-cita sehat bersama melalui donor darah.

Menurut Sodikin, aksi kemanusiaan ini akan rutin digelar. Targetnya warga yang membutuhkan bisa terbantu dengan adanya labu darah.

Ketua Bidang Kesos DPD PKS Kabupaten Sukabumi Ai Sri Mulyati menambahkan, kegiatan ini bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sukabumi. ”Hasilnya ada sebanyak 50 orang pendonor baik anggota partai dan masyarakat umum yang mendonorkan darahnya,” imbuh dia.

Red./Frans Hp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *