Derita Palestina Harus Segera Diakhiri

oleh -948 views

Oleh, Rine Murdini-ARAFAH 

Internasional, transmetro.id, Rabu, 19 Mei 2021, sumber Rine Murdini- ARAFAH.

TRANSMETRO,- Care for palestina Hingga hari ini Korban jiwa rakyat sipil Palestina di Gaza telah berjatuhan dan mengalami luka-luka. Dunia sedang mengecam tindakan brutal tersebut.

Apa yang terjadi di Jalur Gaza bukan sebatas perselisihan dan ketegangan antarnegara, tetapi telah berubah menjadi pembantaian dan kejahatan kemanusiaan dunia. Sebab, serangan itu tak lagi pandang bulu. Anak dan perempuan serta masyarakat sipil yang tak berdosa dan tak berdaya yang seharusnya masuk dalam perlindungan, semuanya menjadi sasaran penyerangan, dan ini terus berlangsung dan sudah puluhan tahun

Dalam rentang sejarah, Israel bukan semata tentang negara, tetapi juga tentang *barbarisme*. Mereka tak pernah berhenti mengusik ketenteraman dan kedamaian Palestina. Dan, Gaza adalah kota yang akrab dengan peperangan.

Israel, dengan berbagai dalih, selalu berusaha memasukkan Gaza dalam peta negerinya dengan berbagai cara. Lobi politik internasional, membangun opini negatif tentang Gaza di kancah internasional hingga penyerangan yang membabi-buta dan brutal.

Kini, Israel melanjutkan keangkuhannya dengan terus membombardir Gaza. Peristiwa dan tragedi Gaza ini selayaknya menjadi perenungan kita tentang solidaritas, kemanusiaan, dan perdamaian.  Bagaimana kita sebagai sesama umat manusia menyikapi tragedi kemanusiaan ini?

Baca Juga  RPJMD 2021-2026, Pemkab dan DPRD Sukabumi Fokus Penguatan Ekonomi Pasca Covid 19

Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan sebagai wujud solidaritas terhadap tragedi Gaza. Pertama, mendorong pemerintah untuk terus melakukan langkah-langkah nyata dalam menghentikan agresi Israel dan membantu rakyat Palestina di Gaza untuk mendapatkan fasilitas kemanusiaan.

Presiden Jokowi telah mengeluarkan pernyataan kecaman terhadap tindakan Israel. Bersama-sama dengan malaysia Turky dan beberapa negara lainnya sedang melakukan upaya yang nyata untuk menghentikan peperangan ini malah sampai pada ketangka upaya mewujudkan kemerdekaan palestina dan pengakuan dari PBB atas negara palestina,

Ini merupakan langkah positif pemerintah mewakili rakyat indonesia seluruhnya untuk mendorong negara-negara lain bersikap serupa.

*Patut kita dukung dan kita syukuri.*

Pemerintah RI harus menyusun peta dan langkah perdamaian di Palestina. Ini tidak mudah. Tetapi, dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia mampu menjadi inisiator untuk membuat langkah penyelamatan Gaza.

Diplomasi internasional harus terus diupayakan. Tekanan kepada negara-negara berpengaruh untuk mengambil sikap nyata juga perlu digalang. Pemerintah Indonesia juga dapat menggerakkan negara-negara yang memiliki kepedulian yang sama untuk mengucilkan Israel dari pergaulan internasional.

Baca Juga  UF Center Pertanyakan Mudik Dilarang, Sementara Mall Membludak,?

Tindakan ini merupakan sikap yang sepadan atas perilaku Israel yang tak mengindahkan seruan dunia internasional untuk melakukan langkah perdamaian.

Pemerintah tetap harus proaktif mendesak Dewan Keamanan PBB untuk membuat langkah dan keputusan yang dapat menghentikan serangan Israel. Sebab, Dewan Keamanan PBB yang memiliki otoritas dan tanggung jawab untuk perdamaian dunia selama ini masih pasif dan diam.

Kedua, penggalangan gerakan bantuan kemanusiaan, baik berupa dana, obat-obatan, logistik, dan lain sebagainya harus terus diupayakan. Di sinilah, kita, semua komponen bangsa, dapat berpartisipasi. Telah banyak lembaga maupun komunitas yang dengan sukarela berusaha menginisiasi pangumpulan bantuan.

Bagi kita yang memungkinkan dan memiliki kemampuan untuk membantu dengan jalan tersebut, maka yang terbaik adalah dengan menyalurkan bantuan tersebut. Mesir telah menyuplai stok listrik ke Gaza, Iran telah mengirimkan bantuan kesehatan.

Maka, Indonesia juga harus terus menggalang dan menyalurkan bantuan ini dengan difasilitasi negara agar suplai bantuan terkoordinir dan tepat sasaran. Ketiga, dengan kekuatan doa. Jangan pernah menganggap remeh doa. Sebab, doa adalah buah dari keyakinan.

Baca Juga  Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Buka Di Hari Libur Sabtu dan Minggu.

Keimanan tentang Tuhan yang Mahakuasa, Allah SWT, dan keyakinan bahwa kebenaran harus disuarakan, meskipun terdengar lirih mewujud dalam doa. Hingga Nabi pun bertutur bahwa doa adalah senjata bagi kaum beriman (ad-du’a silah al-mu’min).

Keyakinan kita bahwa rakyat Gaza sedang dizalimi dan Israel tengah melakukan kejahatan kemanusiaan di muka bumi ini haruslah mewujud dalam doa yang tulus untuk kedamaian di Gaza. Kalau kita menampik kekerasan dan kemungkaran, setidaknya diimplementasikan dalam doa.

Sebab, selemah-lemah iman (adh’af al-iman) adalah penolakan terhadap kemungkaran, meski dalam lirihnya batin. Doa adalah suntikan motivasi bagi saudara-saudara kita yang tengah berjuang mempertahankan hidup mereka di Jalur Gaza.

Pembiaran kita, bahkan keengganan untuk mendoakan, adalah bentuk pemakluman terhadap kejahatan kemanusiaan Israel di Gaza.

Perjuangan memang tak pernah memastikan penutup yang bahagia (happy ending) bagi semua orang. Tetapi, setidaknya dengan keyakinan, solidaritas, dan keterlibatan kita untuk Gaza, ada secercah harapan untuk ketenteraman di Gaza dan perdamaian di Palestina.

Red, Frans Hp

 

22 thoughts on “Derita Palestina Harus Segera Diakhiri

  1. Aamiin Allahumma Aamiin ..

    Sangat setuju..👍
    Trs suarakan penentangan perlakuan Israel thd Palestine yang sgt tidak berprikemanusiaan ….💪
    Duka mereka duka kita ..
    InsyaAllah dgn kekuatan doa kita semua,penderitaan rakyat Palestine berakhir…
    Aamiin Allahumma Aamiin…🤲

  2. Hanya bisa berdo’a untuk palestina, supaya apa yg di derita oleh negara Palentina ini segera berkahir, dan tidak ada lagi serangan-serangan yg brutal dari Israel Laknatullah…
    Semoga Allah swt mengabulkan do’a kami,
    Aamiin yra 🤲🤲
    Free for Palestine….

  3. katakan lah HAQ jika itu KAQ dan katakan Bathil jika itu memang Bathil ..karena seseungguhnya keBathilan itu akan musnah

  4. Betul sekali,dalam hal ini pemerintah harus lebih tegas dalam implementasinya,bukan hanya mengecam tindakan israel terhadap palestina melalui lisan saja akan tetapi aksi nyatanya yang ditunggu. Sebagai negara mayoritas muslim terbesar di dunia,seharusnya Indonesia paling depan dan paling vokal mengatasi permasalahan ini. Saya hanya bisa berdoa

  5. Cukup dengan rasa kemanusiaan an untuk mengerti. Semoga penderitaan Palestina segera usai.

  6. Alhamdulillah, redaksinya bagus, Mudah di fahami dan dapat menjadi motivasi untuk kita khusus nya ikhwanul muslimin untuk terus memberikan dukungan baik moril maupun materil, sesungguhnya palestina merupakan bagian dari sejarah dunia Perkembangan islam, banyak tokoh tokoh islam lahir di wilayah palestina, dan menurut salah satu informasi bahwa pemimpin palestina saat itu yang mendukung kemerdekaan RI, semoga palestina segera menjadi negara yang berdaulat, merdeka dan sejahtera…aamiin yra

  7. Sangat setuju..doa adalah sumber kekuatan..
    Smoga ALLAH sllu mlindungi smua..aamiin..
    Smoga pmerintah jg bsa menunjukan kepeduliannya..
    Pray for palestina

  8. Sangat setuju..doa adalah sumber kekuatan..
    Smoga ALLAH sllu mlindungi smua..aamiin..
    Smoga pmerintah jg bsa menunjukan kepeduliannya..

  9. sepakat…kita harus terus mendorong pemerintah untuk berperan aktif dalam misi perdamaian dunia.
    bisa melalui gerakan Non Blok juga yang sudah lama tidak kedengaran lagi.
    Semoga faksi” yang ada di Palestina beserta negara” Arab juga bersatu untuk melawan penjajahan di abad modern ini.

  10. Mengacu pada Pembukaan UUD 1945;
    Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
    Mudah – mudahan pemerintah dapat menengahi konflik & menghentikan agresi militer israel.

  11. Semoga Allah SWT melindungi saudara saudara kita di Palestina, diberikan kesabaran, ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi Zionis Israel, Palestina diberikan kemerdekaan dan bebas dari penjajah Israel.
    #savepalestina#keselamatanpalestina

      1. Semoga perang tersebut segera usai, saudara muslim kita di Palestina semoga selalu ada dalam lindungan Allah aamiin

  12. Aamiin yra..semoga segala bentuk bantuan diplomasi,fisik,materil dan juga kekuatan do’a dapat meringankan saudara2 kita di Palesina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *