Harkitnas ke113, Gelorakan Semangat Kejuangan Sebagai Wujud Bangsa Yang Tangguh

oleh -137 views

Sukabumi, transmetro.id,Kamis, 20 Mei 2021, laporan, sbr, inf/kbm

TRANSMETRO,-Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami bersama Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 113 dari Pendopo Sukabumi , Kamis (20/5/2021). Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini, dipimpin langsung Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate.

Dalam amanatnya, Johnny mengatakan, 113 tahun perhimpunan Budi Utomo telah meletakan dasar kebangkitan nasional bagi Bangsa Indonesia. Hal itu mulai dari, cita-cita memerdekakan manusia, memajukan nusa dan bangsa, dan mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat serta bermartabat di mata dunia.

“Tiga substansi makna kebangkitan nasional itu, harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi,” ujarnya.

Oleh karena itu, peringatan Hari Kebangkitan Nasional bukan sekadar ritual mengenang kejayaan sejarah masa lalu tentang soliditas persatuan Budi Utomo. Namun, Hari Kebangkitan Nasional ini harus menjadi semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh.”Hal ini sesuai tema tahun ini. Bangkit ! Kita Bangsa Tangguh,” ucapnya.

Selain itu, semangat kebangkitan nasional mengajarkan semua untuk optimis. Terutama dalam menghadapi semua rintangan dan persoalan

“Tangguh dalam menghadapi pandemi covid 19. Tangguh dalam menghadapi beragam tantangan. Seperti hoaks, disinformasi dan misinformasi,” ungkapnya

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengajak semua pihak memanfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak. Bahkan manfaatkan ruang digital untuk hal bermanfaat. Semisal ekonomi digital.

“Bisnis ekonomi digital tumbuh dibanding tahun sebelumnya. Bahkan, ekonomi digital membantu pemulihan ekonomi,” terangnya.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, Hari Kebangkitan Nasional ini, harus menjadi semangat masyarakat agar tidak kendor bekerja. Persoalan yang dihadapi, harus menjadi pengunggah semangat.

“Mari tanamkan semangat kejuangan untuk membangun Indonesia dan Kabupaten Sukabumi,” ajaknya.

Selain itu, di tengah pandemi covid 19 ini, teknologi informasi harus menjadi alat yang memudahkan. Baik dalam komunikasi maupun ekonomi.

“Saat ini, semua bisa daring. Mulai dari promosi ekonomi hingga potensi daerah. Bahkan, UMKM di Kabupaten Sukabumi sudah didorong go digital. Salah satunya kerjasama dengan berbagai ecommerce,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan Hamami menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba pengelolaan arsip perangkat daerah dan arsiparis berkinerja baik.

Red. Frans Hp

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *