Pelayanan Dinas Perdagangan, Oleh Kabid Diskoperindag, UMKM Kab.Sukabumi, Nandang Sunandar

oleh -170 views

Sukabumi, transmetro.id, Jum’at, 28 Mei 2021, Laporan, Reporter, Linda Herlina dan Indri Safitri.

TRANSMETRO,-Bantuan presiden UMKM Skala Mikro untuk para pelaku usaha di tengah masa pandemi ini sangatlah membantu mensabilkan perekonomian umkm yang ada.

Bantuan ini bisa didapatkan oleh para pelaku usaha mikro dengan ketentuan yang seperti yang disampaikan Kepala Bidang Dinas Perdagangan dan Koperasi, (Diskoperindag) Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi, Drs. Nandang Sunandar,

Lebih lanjut Ia pun mengatakan, Pelaku UMKM memiliki aset 50 juta diluar bangunan dan omset 300 juta pertahun. pelaku usaha belum pernah akses ke lembaga perbankan, Seperti akses kredit program, Kredit usaha rakyat maupun kredit komersil. “Adapun akses dengan lembaga perbankan seperti menabung tetapi dalam tabungan tersebut tidak lebih dari 2 juta.

Lebih lanjut, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) hanya memfasilitasi dan mengusulkan lalu dikirimkan kepusat karena anggaran yang dipakai yaitu anggaran APBN.

Terkait verifikasi, validasi data yang telah diusulkan ditampung oleh kementrian koperasi atau BPKP. Yang selanjutnya proses cleansing oleh kementerian keuangan yang diwakili oleh OJK melalui NIK para pelaku usaha yang mengusulkan, paparnya.

Setelah itu penetapan oleh Deputi pembiayaan kemudian keluar list setelah hasil penetapan, lalu diproses oleh pihak penyalur yaitu lembaga perbankan (BRI), disinipun akan keluar data yang lolos.

Pada tahun 2020 pelaku usaha telah di usulkan pada tahap pertama yaitu sebanyak 976.000 pada kedua yaitu sebanyak 150.000. juga pada tahun 2021 DPKUKM telah mengusulkan para pelaku usaha kuartal pertama yaitu januari, Februari, Maret, April sebanyak 15.000 dengan diproses pada kuartal kedua pada Mei, Juni, Juli, Agustus jelasnya.

TambahNandang, “Terkait persyaratan yang harus dibawa untuk pengajuan bantuan ini dengan melampirkan foto copy KTP, Foto copy KK, Nomor Induk Berusaha, Surat pernyataan keterangan mutlak. Usulan yang sudah disiapkan para pelaku usaha langsung diserahkan ke DPKUKM.

Harapan besar lanjut Kabid dengan adanya bantuan ini dalam bidang ekonomi yaitu seperti perputaran uang di sukabumi bisa lebih meningkat, dan dapat mengembangkan juga dalam meningkatkan usaha UMKM yang ada di Kabupaten Sukabumi, pungkasnya.

Editing, Frans Hp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *