Masyarakat Butuh Polisi Segera Hubungi Nomor Layanan 110

oleh -136 views

Transmetro – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan beberapa pihak terkait luncurkan layanan darurat Hotline 110 untuk merespon cepat aduan masyarakat kepada aparat kepolisian.

Peluncuran layanan 110 dilakukan di Polda Jawa Barat Bandung dan disiarkan  secara virtual ke seluruh jajaran Polda di Indonesia, Kamis (20/5/2021).

Layanan kepolisian ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari program prioritas Presisi atau Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi).

Kapolri menyatakan dengan peluncuran Hotline nomor tunggal berskala nasional ini masyarakat bisa dengan mudah dan cepat mendapat pelayanan kepolisian.

“Hotline nomor layanan polisi 110 merupakan upaya untuk mempermudah akses masyarakat dan mempercepat respon Polri ketika dibutuhkan.

“Diharapkan kedepan masyarakat mendapat pelayanan Polri semudah memesan pizza,” ungkap Sigit, Kamis (20/5).

Melalui Hotline 110 masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam mendapat informasi sekaligus melakukan sharing informasi kepada Polisi.

Selanjutnya Kapolri menekankan seluruh Kasatwil untuk lebih mengoptimalkan perawatan dan pemeliharaan perangkat layanan, sejaligus meningkatkan SDM yang mengawaki (operator layanan) serta meningkatkan pengawasan dan pengendalian tata kelola operasionalnya.

“Kembangkan layanan polisi 110 yang terintegrasi dengan aplikasi lain Binmas Online Sistem, Polisiku, dan lain lain, sehingga dapat menjadi alert bagi anggota di lapangan agar segera merespon informasi dari
masyarakat,” tegasnya.

Sigit juga meminta peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan 110 melalui penambahan jumlah operator di tingkat Polres dan Polda sehingga tidak ada panggilan masyarakat yang tidak terlayani.

“Segera tangani kendala-kendala teknis sehingga implementasi nomor layanan polisi 110 dapat diperluas ke seluruh masyarakat. Sosialisasikan penggunaan nomor layanan polisi 110 ini melalui jajaran Divisi Humas Polri, Polda serta Polres kepada masyarakat dan
personel agar layanan ini dapat berfungsi secara optimal,” tandasnya.

Sigit memastikan keamanan data agar tidak terjadi kebocoran informasi, dan pelayanan itu sendiri gratis bagi masyarakat yang membutuhkan respon dari aparat Kepolisian.

Untuk diketahui perangkat Hotline 110 yang merupakan salah satu program prioritas Kapolri dalam 100 hari kerjanya saat ini tercatat telah siap di 420 titik, yakni di Mabes Polri, 32 Polda jajaran, dan 387 Polres dan Polresta.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *