Pertahankan IGA, Bappeda Kota Sukabumi Lakukan Persiapan Matang

oleh -88 views

Transmetro – Pemerintah Kota Sukabumi telah mempersiapkan untuk mempertahankan ranking terbaik se- Nasional dalam penghargaan Innovative Government Award (IGA) pada 2021.

Soalnya, di tahun 2020 lalu, Pemerintah Kota Sukabumi berhasil menjadi 9 besar terbaik Kota terinovatif yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

” Iya kita harus mempertahankan predikat tersebut. Saat ini Bappeda sedang mempersiapkannya,” ujar Kepala Bidang Litbang, Nenden Eviyanti didampingi PLT Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah.

Dalam persiapannya sendiri pihaknya terus melakukan pendampingan dan roadshow ke setiap Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal tersebut dalam upaya memastikan setiap SKPD untuk mempersiapkan inovasinya bisa berjalan sesuai dengan pencapaian yang sudah ditentukan.

“Tahun ini, kita terus lakukan pendampingan. Namun untuk saat ini, karena kasus pandemi, kayanya kita akan lakukan pendampingan secara virtual kepada setiap SKPD,” ungkapnya.

Dalam mendapatkan penghargaan Innovative Government Award (IGA) tentunya ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan oleh sejumlah SKPD. Jadi, ada beberapa indikator, aspek, variabel yang harus bisa dicapai, sesuai dengan ketentuan dari pusat.

“Jadi kita disini hanya mengupload beberapa persyaratan melalui aplikasi dari Kemendagri. Target- target indikator yang sudah ditentukan itu  harus bisa tercapai,” katanya.

Inovasi yang dilaporkan ke Kemendagri itu bukan hanya beberapa inovasi saja. Tapi semua inovasi yang sudah diterapkan di Kota Sukabumi di setiap SKPD.

“Inovasi itu kan bisa dari perangkat daerah dan masyarakat. Dalam laporannya ini kita mengisi aplikasi yang sudah disediakan. Jadi se- Kota Sukabumi bisa mencapai puluhan inovasi,” jelasnya.

Tentunya dengan adanya inovasi yang diterapkan di setiap SKPD ini berimbas kepada pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat.

Pelayanan yang diberikan oleh pemerintah Kota Sukabumi di setiap SKPD bisa terasa manfaatnya langsung oleh masyarakat.

“Makanya kita terus mendorong memberikan pendampingan kepada SKPD untuk terus melakukan inovasi.

Hal tersebut bisa meningkatkan kinerja pelayanan perangkat daerah serta mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik. Selain itu, untuk peningkatan daya saing daerah, pemberdayaan dan peran serta masyarakat,” pungkasnya. (bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *