Wabup Iyos: Inovasi Disdukcapil dan DKIP Kabupaten Sukabumi Permudah Pelayanan Publik

oleh -67 views

Transmetro – Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, mengatakan inovasi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP) dapat mempermudah pelayanan publik. Tidak hanya itu, pelayanan publik juga menjadi lebih baik, murah, dan cepat.

Hal tersebut disampaikan Wabup Iyos dalam Launching Program Prioritas 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi, di salah satu hotel di kawasan Selabintana, belum lama ini.

Dalam kegiatan tersebut Iyos menyerahkan 18 alat rekam dan cetak KTP kepada kecamatan dan UPTD Disdukcapil. Acara juga diisi dengan penyerahan roadmap Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) oleh DKIP Kabupaten Sukabumi.

“Inovasi yang diluncurkan Disdukcapil bersama DKIP bisa memberikan energi positif dalam kemudahan pelayanan publik,” ujar Iyos.

Iyos mengatakan, berbagai inovasi yang diluncurkan harus mendorong perubahan pelayan publik di Kabupaten Sukabumi. Sehingga pelayanan publik di Kabupaten Sukabumi bisa faster, cheaper, and better.

“Faster disini, pelayanan semakin cepat dan berjalan efisien. Cheaper ini, barang dan jasa publik menjadi gratis ataupun terjangkau oleh semua pihak. Better sendiri,tentu saja pelayan publik harus lebih baik dari sebelumnya,” ucapnya.

Iyos menambahkan, kolaborasi pelayanan publik administrasi kependudukan bersama kecamatan dan desa sejauh ini sangat baik. Hal itu untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layananan kependudukan.

Ia berharap pelayanan publik ini bisa memberikan keramahan bagi masyarakat. “Berikan senyuman bagi siapapun yang membutuhkan pelayanan publik dengan setulus tulusnya,” terangnya.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi,Iwan Kusdian, mengatakan alat rekam e-ktp diserahkan untuk 10 kecamatan dan delapan UPTD. Melalui kegiatan ini, Ia berharap pelayanan administrasi kependudukan dapat lebih baik.

“Tegalbuleud menjadi salah satu kecamatan prioritas yang menerima alat rekam cetak KTP-el,” bebernya.

Melalui inovasi yang diluncurkan, layanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sukabumi semakin cepat. Bahkan pembuatan KTP-el, KK, dan akta bisa diproses dalam waktu satu hari. “Layanan adminduk di kita cepat, mudah, dan gratis,” tegasnya.

Sementara itu Kepala DKIP Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki, mengatakan dalam roadmap SPBE terdapat berbagai pelayanan yang menjadi prioritas. Mulai dari pelayanan dibidang pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, desa, dan Kabupaten Sukabumi.

Tidak hanya roadmap, DKIP juga mengembangkan sistem informasi desa. Seluruh desa serta kelurahan di Kecamatan Sukaraja dan Cibadak telah menjadi pilot project DKIP.

Ia menambahkan, kedepannya pelayanan akan dikembangkan di seluruh Kecamatan dan Kabupaten Sukabumi. Sehingga, pelayanan dasar di Kabupaten Sukabumi bisa dilaksanakan dengan baik. “Sesuai dengan yang disampaikan Pak Bupati, harapan kami pelayanan dasar di Kabupaten Sukabumi bisa dilaksanakan secara mudah, cepat, dan murah” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *