Walikota Klaim ASN Kota Sukabumi Tidak Ada Yang Fiktif

oleh -77 views

Transmetro – Walikota Sukabumi,Achmad Fahmi memastikan Aparatur Sipil Negara ( ASN) di lingkungan pemerintah Kota Sukabumi tidak ada yang fiktif.

Hal tersebut menyusul adanya informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) bahwa ada 97 ribu ASN fiktif yang mendapat gaji hingga iuran pensiun pada tahun 2014.

“Insya Allah di Kota Sukabumi tidak terlalu banyak ASN mah, tidak ada yang fiktif,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi kepada Radar Sukabumi.

Di Kota Sukabumi ini kata Fahmi kurang lebih ada sekitar 36 ribu ASN. Dengan jumlah yang relatif kecil sehingga mudah untuk terpantau.

“Betul- betul sangat terlihat jumlah ASN nya. sulit untuk menyatakan fiktif,” jelasnya.

Apalagi saat ini pemerintah Kota Sukabumi menerapkan sistem absensi digital. Dengan sistem digitalisasi itu kecil kemungkinan ASN yang fiktif.

Lanjutnya, saat ini pihaknya sedang fokus memantau tingkat kedisiplinan ASN. Karena pada tahun 2020 lalu, pihaknya menerapakan Work From Home ( WFH).

“Jadi saat ini masih ada yang terbiasa gitu, masih WFH. Padahal kan kita sudah tidak menerapkan sistem kerja seperti itu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM, Asep Suhendrawan mengatakan untuk sistem penggajihan itu bukan ranahnya di BKPSDM, tetapi oleh pengguna anggaran di setiap SKPD.

“Misalanya di BKPSDM, saya selaku PA yang mengajukan dengan jumlah ASN sekian. Nanti pihak BPKD yang mengeluarkannya,” jelasnya.

Untuk jumlah ASN di Kota Sukabumi sendiri kata Asep sangat dinamis. Artinya, setiap bulannya itu ada yang pensiun, pindah kerja bahkan meninggal.

“Jadi jumlahnya itu dinamis. Nah untuk laporan ASN yang pensiun dan lainnya itu datanya ada di kami,” pungkasnya. (bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *