Peningkatan Kasus Covid – 19 Mencapai 120 %, Kota Sukabumi Terapkan PPKM Darurat

oleh -112 views

Peningkatan Kasus Covid – 19 Mencapai 120 %, Kota Sukabumi Terapkan PPKM Darurat

Sukabumi, transmetro.id, Senin, 05 Juli 2021, sbr : hmsktsmi.

TRANSMETRO.-Kota Sukabumi merupakan salah satu daerah yang wajib menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, sesuai dengan instruksi Pemerintah Pusat, karena Kota Sukabumi masuk dalam kota dengan nilai asesmen 4.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanggulangan Covid – 19 Kota Sukabumi, dr. Wahyu Handriana, saat memberikan keterangan persnya pada 1 Juli lalu, menerangkan bahwa Kota Sukabumi memiliki nilai asesmen 4 karena peningkatan kasus aktif covid – 19 yang mencapai persentase 120 % dari jumlah kasus biasanya.

Pada bulan Juni, Satgas Percepatan Penanggulangan Covid – 19 mencatat terjadi 1053 kasus covid – 19 di Kota Sukabumi, sedangkan sebelumnya pada bulan Mei tercatat sekitar 400 kasus.

Dijelaskan lebih lanjut, peningkatan kasus ini sebagian besar berasal dari klaster keluarga dan perkantoran, sehingga penerapan PPKM Darurat dirasa perlu untuk mengendalikan penyebaran covid – 19. PPKM Darurat sendiri akan dimulai pada tanggal 3 hingga 20 Juli mendatang, dengan sejumlah pemberlakuan pembatasan, seperti bekerja dari rumah untuk sektor non esensial.

Satgas Optimalkan Fasilitas Isolasi Yang Sudah Tersedia

Terjadinya peningkatan kasus covid – 19 di Kota Sukabumi selama bulan Juni yang berimbas pada penuhnya ruangan isolasi di setiap rumah sakit, membuat Satgas Percepatan Penanggulangan Covid – 19 Kota Sukabumi akan menambah kapasitas tempat tidur untuk menampung pasien yang harus menjalani isolasi di rumah sakit.

Ia menambahkan sebagai salah satu upaya mengurangi tingkat keterisian fasilitas isolasi dirumah sakit, saat ini diberlakukan screening bagi pasien covid – 19, sehingga fasilitas isolasi hanya ditujukan bagi pasien yang menderita gejala berat.

Meski saat ini jumlah kasus tengah menanjak, namun seperti ditegaskan oleh Juru Bicara Satgas Percepatan Penanggulangan covid – 19 Kota Sukabumi, rumah sakit darurat belum diperlukan.

Editing, Frans Hp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *