Mahasiswa Perbankan Syariah Universitas Djuanda Bogor melakukan Sosialisasi Islamic Banking

oleh -102 views

Sukabumi,transmetro.id, Minggu,25 Juli 2021, Laporan Reporter, Mandala

TRANSMETRO,-Mahasiswa Perbankan Syariah Universitas Djuanda Bogor melakukan Sosialisasi Islamic Banking Kepada Siswa/i di SMA Negeri 1 Cidahu Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Dalam pelaksanaan Praktek kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan Prodi Perbankan Syariah Universitas Djuanda, Nur Hidayah Agustin tersebut di dilakukan Sosialisasi Islamic Banking kepada para Siswa/i di SMA Negeri 1 Cidahu Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi.

Sosialisasi Islamic Banking ini, ialah merupakan kegiatan sosialisasi yang membahas berbagai tema terkait Perbankan Syariah,

dengan tujuan agar para peserta lebih mengenal dan menumbuhkan minat untuk menggunakan produk-produk Bank Syariah dikehidupan sehari-hari.

Sosialisasi ini dengan mengangkat tema “Sosialisasi dan Edukasi Islamic Banking” di SMA Negeri 1 Cidahu ini dilakukan selama bulan Juni dan telah terlaksana 3 kali pertemuan secara Luring (Luar Jaringan) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan pemberian hand sanitaizer, dan menjaga jarak.

Pada pertemuan pertama membahas mengenai Pengertian Perbankan Syariah, Sejarah perkembangan sistem Perbankan Syariah, Fungsi Bank, peranan bank, jenis-jenis bank syariah, dan macam-macam bank syariah yang ada di indonesia. Pada pertemuan kedua membahas mengenai Perbedaan Perbankan Konvensional dan Perbankan Syariah, Pelarangan Riba, jenis-jenis riba, dan perbedaan antara bunga dan bagi hasil.

Padapertemuan terakhir, yaitu pertemuan ketiga membahas mengenai produk dan akad yang ada di bank syariah serta para peserta sosialisasi diajarkan bagaimana membuka rekening pada Bank Syariah.

sementara, Yanuar Ihsan, S.Pd kesiswaan SMAN 1 Cidahu menyampaikan, kegiatan sosialisasi islamic banking ini memberikan edukasi kepada siswa/i di SMAN 1 Cidahu mengenai Perbankan Syariah.

“ Terima Kasih kepada Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda atas adanya kegiatan sosialisasi islamic banking. Dengan adanya sosialisasi ini sangat bermanfaat sekali untuk anak-anak, terutama dari segi perbandingan antara bank konvensional dengan syariah dari segi sistematisnya. Dan dapat membuka wawasan anak-anak, terutama dari perputaran keuangan dari nasabah ke perbankan dan disalurkan lagi ke nasabah dan semoga dapat menumbuhkan menumbuhkan minat untuk lebih peduli akan keuangan islam bank syariah,” Ujar Yanuar Ihsan, S.Pd

Salah satu peserta juga ketua OSIS SMAN I Cidahu Andita viandra menyampaikan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini menambah pengetahuan mengenai Bank Syariah. “ Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini bisa membantu kita lebih mengenal Bank Syariah dan juga menambah pengetahuan baru.” Ujar Andita Viandra.

Sebagai pelaksana kegiatan Nur Hidayah Agustin menyampaikan dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi islamic banking ini semoga bisa lebih menumbuhkan minat para peserta akan bank syariah. “ Semoga dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat dan menjadikan motivasi untuk lebih menumbuhkan minat para peserta akan keuangan perbankan syariah.

Red. Linda Helina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *