673 Rutilahu di Kota Sukabumi Segera Dibangun Bulan Juli

oleh -64 views

Transmetro – Sebanyak 673 unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kota Sukabumi, bakal segera mendapatkan bantuan pembangunan.

Dari data yang tercatat, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, bantuan pembangunan 673 unit Rutilahu ini bantuan yang bersumber dari Bantuan Gubernur (Bangub) sebanyak 610 unit dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 63 unut.

Kabid Perumahan dan Permukiman FPUTR Kota Sukabumi, Yoni Ardiansah mengatakan, adapun anggaran dari Bangub ini akan dikucurkan sebesar Rp10,6 miliar.

“Kalau bantuan dari Bangub perunitnya akan mendapatkan sebesar Rp17.500.000,” kata Yoni kepada Radar Sukabumi, Rabu (30/6).

Sementara, lanjut Yoni, bantuan yang bersumber dari DAK menganggarkan sebesar 1,26 miliar dan perunitnya akan mendapatkan Rp20.000.000.

“Rutilahu yang akan mendapatkan bantuan ini tersebar di empat kelurahan diantaranya, Kelurahan Cisarua 18 unit, Sudajayahilir 15 unit, Selabatu 15 dan Limusnunggal 15 unit. Terbanyak, di Kelurahan Cisarua,” ujarnya.

Menurut Yoni, proses realisasi pembangunan Rutilahu yang bersumber dari DAK akan dilaksanakan pada Juli 2021 mendatang.

“Informasinya Juli sudah mulai pembangunan. Kalau bantuan Bangub belum mengetahui informasi lebih lanjut, yang jelas akan terealisasi pada tahun ini,” paparnya.

Yoni menambahkan, setiap tahunnya DPUTR Kota Sukabumi terus berupaya mengajukan bantuan Rutilahu baik bantuan pusat maupun daerah.

“Kalau melihat dari data yang ada, bantuan pada tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tapi Alhamdulillah, di masa pandemi Covid-19 masih ada bantuan,” pungkasnya. (bam/t)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *