H.A Sopyan Sebut Saat Ini Momentum Tingkatkan Pertanian Kabupaten Sukabumi

oleh -66 views

Transmetro – Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat H.A Sopyan BHM menyebut saat ini merupakan momentum baik bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi untuk merencanakan peningkatan sektor pertanian.

Hal ini mengingat perencanaan daerah yaitu RPJMD periode 2021-2026 sedang berproses, sehingga kata H.A Sopyan  berbagai isu strategis sektor Pertanian bisa dibahas secara komprehensif, untuk selanjutnya disusun berbagai program/kegiatan intervensinya.

Ia pun mencatat, berdasarkan sajian data di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sukabumi tahun 2021, ada beberapa penurunan indikator Pertanian selama beberapa tahun belakangan ini yang perlu disikapi secara serius.

“Berdasarkan data di RKPD Kabupaten Sukabumi tahun 2021, luas lahan sawah pada tahun 2015 seluas 66.692 hektar, namun tahun 2019 tinggal tersisa 64.078 hektar, jadi berkurang sekitar 2.614 hektar,” terang H.A Sopyan

Selain luas lahan sawah yang berkurang, lanjut H.A Sopyan jumlah rumah tangga usaha Pertanian di Kabupaten Sukabumi pada periode 2003 hingga 2018 juga mengalami penurunan sekitar 7.4230 rumah tangga.

“Data tersebut menunjukan bahwa banyak rumah tangga yang berganti mata pencaharian sebagai petani ke usaha yang lain,” ujar dia.

Penurunan dua indikator tersebut, kata H.A Sopyan merupakan sebagian dari faktor yang mendorong menurunnya kontribusi sektor Pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Sukabumi.

H.A Sopyan menjelaskan, berdasarkan data RPKD Kabupaten Sukabumi tahun 2021, kontribusi sektor Pertanian terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) selama 10 terakhir memiliki tren menurun, meskipun persentasenya masih terbesar yaitu diatas 22 persen.

“Tahun 2018 lalu persentasenya sebesar 22,25 persen dan merupakan titik terendah persentase kontribusi bidang Pertanian terhadap PDRB Kabupaten Sukabumi selama 10 tahun terakhir,” ujarnya.

Karena itu mantan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dua periode ini berpendapat saat ini merupakan momentum sangat baik bagi Pemkab Sukabumi dan semua pihak untuk secara bersama-sama menyikapi berbagai isu sektor pertanian.

“Pemerintahan baru, perencanaan (RPJMD) baru, jadi ini momentum baik untuk memasukan semua isu-isu strategis dalam RPJMD untuk fokus diselesaikan dalam lima tahun kedepan,” ungkapnya.

Ia pun mengajak semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam sektor Pertanian untuk bersama-sama fokus kepada peningkatan usaha Pertanian sebagai salah satu sektor unggulan di Kabupaten Sukabumi.

“Peningkatan sektor Pertanian itu bukan hanya tugas dinas tertentu, tapi tugas kita semua, mengingat Pertanian merupakan sektor unggulan dan salah satu penopang utama perekonomian Kabupaten Sukabumi,” imbuhnya.

“Sebagai anggota DPRD Jawa Barat dari Dapil Sukabumi saya pun akan fokus membantu meningkatkan usaha Pertanian Kabupaten Sukabumi, tentu sesuai kapasitas dan kewenangan yang dimiliki. Insya Allah secara maksimal,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *