Alokasi Dana Desa Tepat Sasaran, Masyarakat Merasa Dibanggakan.

oleh -110 views

TRANSMETRO.ID– Dalam menjalankan tugasnya, seorang Kepala Desa harus seimbang terutama ketika mengalokasikan Dana Desa. Kepala Desa tidak bisa seenak nya menggunakan dana tersebut untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk kesejahteraan warga nya yang dimana hal tersebut sesuai dengan visi misi membangun masyarakat sejahtera.

Bagi sebagian desa yang masuk dalam kategori minus, dana desa merupakan sumber pembiayaan andalan bagi desa untuk membiayai pembangunan infrastruktur desa. Lebih-lebih sebagian besar dalam struktur keuangan desa, dana desa menempati porsi terbesar dari total pendapatan desapada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Dengan dana desa yang telah dialokasikan oleh pemerintah, maka diperlukan penguatan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia, baik aparatur pemerintah desa, masyarakat maupun tenaga pendampingan desa serta yang tidak kalah penting adalah perbaikan transparansi, akuntabilitas, dan pengawasan dalam pengelolaan keuangan desa yang didalamnya terdapat Dana Desa.

Dana tersebut harus di alokasikan sebagaimana mestinya atau sudah terlebih dahulu direncanakan pengalokasian nya lebih-lebih harus tepat sasaran.

Pengalokasian Dana Desa harus sesuai dengan data. Data tersebut mengarah kepada apa saja yang akan di bangun, contohnya seperti membuat saluran irigasi, rabat beton, perbaikan jalan di tiap-tiap kampung, dan pembangunan lainnya yang menggunakan Dana Desa.

Pengalokasian Dana Desa yang tepat sasaran dapat menunjang atau meningkatkan perekonomian warga masyarakat, bahkan masyarakat itu sendiri merasa dibanggakan.*

 

Penulis : Fajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.