Antisipasi Curanmor, Sat Lantas Polres Lebak Polda Banten Tindak Tegas TNKB Yang Sesuai STNK

oleh -44 views

Lebak Banten, transmetro.id, Selasa, 12 Oktober 2021, Laporan Reporter : M.Nas

TRANSMETRO-Guna mengantisipasi tindak pidana Kejahatan Pencurian Kendaraan Bermotor (curanmor), Sat Lantas Polres Lebak Polda Banten, gencar laksanakan penindakan tegas kendaraan yang menggunakan TNKB atau plat nomor kendaraan tidak Sesuai dengan STNK di daerah wilayah hukum Polres Lebak, Polda Banten. Rabu (13/10/2021).

Hal tersebut dilakukan, berdasarkan Undang-undang No 22/2009 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, secara tegas menyatakan setiap kendaraan wajib memasang TNKB di kendaraan masing-masing. Dalam pasal 280 UU 29/2009 dinyatakan setiap kendaraan wajib mencantumkan nomor identitas kendaraan, yaitu plat nomor.

Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Teddy Rayendra, SIK, M.I.K. melalui Kasat Lantas AKP Kresna Ajie Perkasa, SIK mengatakan, Sat Lantas Polres Lebak Polda Banten dalam penerbitan untuk kendaraan yang menggunakan plat nomor kendaraan / TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) tidak sesuai dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), kami tindak untuk mengantisipasi tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor dan penggelapan yang terjadi.

“Kami tegaskan, apabila ada plat nomor kendaraan atau TNKB yang tidak sesuai STNK kendaraan, maka akan kami tindak tegas sesuai aturan yang berlaku. Untuk itu, kami menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan TNKB sesuai aturan dan harus sesuai dengan STNK kendaraan tersebut,” kata
Kasat Lantas AKP Kresna Ajie Perkasa,SIK, Rabu (13/10/21).

Untuk diketahui, dalam paparan Undang-undang No 22/2009 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 280 UU 29/2009 menegaskan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan, yang tidak mematuhi peraturan seperti tidak dipasangi TNKB yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Sebagaimana dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Sementara dalam pasal 68 ayat 1, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan raya wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan TNKB. Dimaksud dengan Surat Tanda Kendaraan Bermotor memuat identitas pemilik, nomor registrasi kendaraan dan masa berlaku (pasal 68 ayat 2). Sementara Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) adalah memuat kode wilayah, nomor registrasi dan masa berlaku (pasal 68 ayat 3). TNKB sendiri harus memenuhi syarat bentuk, ukuran warna, dan cara pemasangan.

Red/Rudi Samsidi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *