Kang Yudha Jatuh Cinta pada Wisata Goa Baduy

oleh -14 views

Kang Yudha Jatuh Cinta pada Wisata Goa Baduy

TRANSMETRO,-Yudha Sukmagara terus menerus berdecak kagum setiap memandangi sudut demi sudut objek wisata alam Goa Baduy. Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi itu sengaja mengunjungi tempat wisata yang terletak di Kampung Palayangan Legok Picung, RT 01/01, Desa Sukamanah, Kecamatan Cimanggu.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, goa Baduy memiliki panjang sekitar 700 meter dengan lebar empat sampai 10 meter. Di sana terdapat sungai Ciawitali Leuwi Surupan yang bisa dilalui oleh pengunjung. Untuk bonusnya, di dalam Goa Baduy terdapat tiga danau yang sangat indah.

“Saya sengaja mendatangi ke Goa Baduy ternyata di Kecamatan Cimanggu, memiliki potensi yang sangat luar biasa dan kami sangat senang bisa hadir disini,” kata Yudha seperti yang dilansir dari radarsukabumi.com pada Jumat (01/10).

Yudha menemukan banyak potensi kekayaan alam yang luar biasa untuk kemudian diperhatikan dan didukung oleh pemerintah agar lebih baik lagi, terutama untuk infrastuktur

Nanti akan saya coba dan saya bawa keberadaan Goa Baduy ini, untuk dibicarakan pada agenda kerja DPRD Kabupaten Sukabumi, untuk bisa dibantu. Pak Kades juga sudah banyak bercerita bahwa potensinya luar biasa dan saya berharap potensi-potensi wisata yang ada di desa ini, bisa terangkat,” paparnya.

Menurutnya, pada masa pandemi Covid-19 ini salah satu potensi untuk menaikan pertumbuhan ekonomi warga itu, adalah potensi wisata. “Jadi Insya Allah hal ini sudah menjadi agenda kerja. Kita akan terus upayakan agar Goa Baduy itu bisa lebih baik lagi,” tandasnya.

Masih di tempat yang sama, Kepala Desa Sukamanah, Rahmat Kurnia menjelaskan, Goa Baduy baru satu tahun yang lalu dibuka oleh pemerintah desa untuk dijadikan sebagai destinasi wisata Goa Baduy.

Goa Baduy ini, kami namakan seperti itu karena orang Baduy itu, sempat datang ke lokasi ini sejak 40 tahun yang lalu, untuk mencari kelelawar. Akhirnya, saya buka wisata disini dan dinamakan Goa Baduy. Karena dalam arti Baduy itu Baraya Dunya Sauyunan,” katanya.

Goa Baduy yang memiliki tinggi enam sampai 12 meter itu, mulut goanya terletak di Kampung Palayangan dan ujungnya terletak di Kampung Surupan Desa Sukamanah Kecamatan Cimanggu. “Di dalam goa juga terdapat sekumpulan kelelawar. Nah, yang lebih menarik didalam goa tersebut juga terdapat danau yang bisa digunakan sebagai arena bermain,” imbuhnya.

Red/Frans Hp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *