Pengunjung Tewas di Wisata Air Sukabumi, DPRD Minta Dispar Optimalkan Relawan

oleh -33 views

SUKABUMI – Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar, memina Dinas Pariwisata mengevaluasi sistem keamaan di sejumlah objek wisata air. Ini menyusul tewasnya wisatawan di danau Situ Batukarut dan Curug Cikaso dalam sepekan terakhir.

Evaluasi yang dimaksud Hera, salah satunya soal pengoptimalan fungsi relawan balai wisata di setiap lokasi, terutama lokasi wisata yang memiliki objek air, laut, atau alam yang berpotensi membahayakan keselamatan pengunjung. “Mudah-mudahan tidak terulang dan kejadian itu yang terakhir,” kata dia, Kamis, 7 Oktober 2021.

Sebelumnya diketahui, dalam waktu empat hari, dua wisatawan meregang nyawa karena tenggelam di dua lokasi di Sukabumi. Pertama, Ramdan Ridwansyah, yang tenggelam di Situ Batukarut pada 3 Oktober 2021 dan ditemukan meninggal keesokan harinya. Kedua, Afan Ramadan, warga Tangerang yang tewas tenggelam di Cucug Cikaso pada Rabu, 6 Oktober 2021.

Dua kejadian ini harus menjadi perhatian semua pihak. Pasalnya, tenggelam menjadi ancaman serius ketika seseorang tidak berhati-hati saat bermain di area wisata air. Tenggelam sendiri adalah suatu kondisi yang mengakibatkan gangguan pada sistem pernapasan akibat masuknya cairan ke dalam saluran pernapasan. Kondisi ini sangat fatal karena dapat menyebabkan kematian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *