Diduga Cemarkan Profesi Jurnalis,Akun Oscar Sinaga Dipolisikan

oleh -62 views

Diduga Cemarkan Nama Baik Profesi Jurnalis, Akun Oscar Sinaga Dilaporkan ke Polres Sukabumi.

Sukabumi, transmetro.id,- Jum’at, 12 Nopember 2021, Reporter, Aswin Sopian

TRANSMETRO,- Belasan jurnalis yang tergabung dalam organisasi Media Independen Online (MIO) Indonesia dan Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) Kabupaten Sukabumi, menyambangi Polres Sukabumi, Kamis (11/11/2021), pukul 13:00 WIB.

Maksud kedatangan MIO Indonesia dan LAI Kabupaten Sukabumi tersebut, untuk membuat pengaduan terhadap akun Facebook (FB) bernama Oscar Sinaga dan akun FB lainnya.

Dimanaakun FB tersebut diduga melakukan tindak pencemaran nama baik profesi jurnalis, sekaligus memfitnah akun Ateu Suganda yang juga berprofesi jurnalis.

Awalnya, Rabu (10/11/2021) sekira pukul 20.14 WIB, akun FB Ateu Suganda membuat status di grup FB Pasir Baru Maju (PJM) yang berisi “Kalau oknum kades memblokir WA jurnalis alasannya apa ya, padahal jurnalis itu blom bahas apa” ada apakah tah ??? Waler da naros. Punten bu admin ngiring ngabala”.

Tak lama kemudian, akun FB Oscar Sinaga lewat kolom komentar di dinding FB Ateu Suganda sambil memposting foto milik Ateu Suganda mengatakan “Cyber Crime Polri tolong ini tinjau lebih lanjut.” Ada orang ngaku jurnalis dan mau memeras seorang kepala desa.” “Terlihat dari postingannya bahwa orang tersebut berkata (oknum) karna whatsAppnya di blok”. Dan masih ada komentar-komentar lainnya dari akun FB Oscar Sinaga.

Tak hanya akun FB Oscar Sinaga, ada juga akun FB Ismaya yang mengatakan “Jurnalis bisana mentaan duit biasa namah. Punten sanes nynyir ataua nyalahken. Soalna nukitu mah tugasnya neangan kagorengan” (Biasanya jurnalis cuma bisa minta uang. Maaf bukan nyinyir atau menyalahkan. Soalnya kayak gitu tugasnya cuma cari kejelekan).

Dengan adanya komentar-komentar dari akun FB tersebut, Ateu Suganda pun melaporkan nama akun-akun FB yang diduga telah mencemarkan nama baik profesi jurnalis dan pencemaran nama baiknya sendiri ke Polres Sukabumi.

“Hari ini saya dan teman-teman dari MIO Indonesia dan LAI Kab. Sukabumi mengunjungi Polres Sukabumi, guna berkoordinasi sekaligus mengajukan pengaduan terkait pencemaran nama baik profesi jurnalis dan memfitnah diri saya,” kata Ellah Romilah pemilik akun FB Ateu Suganda.

Ditempat sama, Fransiska Prayodi, Kabiro Media Aliansi Indonesia yang mendampingi Ateu Suganda saat membuat laporan pengaduan sangat menyayangkan atas adanya komentar-komentar yang diduga mencemarkan nama baik profesi jurnalis dari pemilik akun FB tersebut.

“Saya mendampingi saudara Ellah Romilah alias Ateu Suganda yang telah dicemarkan nama baiknya oleh akun FB Oscar Sinaga, Ismaya dan Siti Nuraini. Oleh karena itu, hari ini kita membuat laporan pengaduan ke Polres Sukabumi. Dan Alhamdulilah sudah diterima baik. Atas pencemaran nama baik jurnalis yang telah memeras ke desa-desa,” papar Fransiska.

Sementara, Ketua MIO Indonesia Kabupaten Sukabumi, Purwanto pun angkat bicara atas pencemaran nama baik Bendahara MIO Indonesia Kabupaten Sukabumi dan pencemaran nama baik jurnalis.

“Hari ini saya mendampingi bendahara saya, yang telah dicemarkan nama baiknya oleh salah satu akun FB yang bernama Oscar Sinaga dan juga Ismaya. Dan juga saya mengecam keras atas peristiwa ini. Saya pasti kawal sampai dengan selesai hingga ada tindaklanjut dari pihak kepolisian. Siap Maju,” tandasnya.

Para jurnalis pun akan menunggu hasil dari pelaporan pengaduan tersebut selama 7 hari kedepan,”

Editing, Frans Hp

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *