Ini Penjelasan Panitia Pembinaan Gudep Pramuka Cabang PKBM Kabupaten Sukabumi

oleh -114 views

TRANSMETRO.ID – SUKABUMI –

Pembinaan Gugus Depan (Gudep) Pramuka Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tingkat Cabang Kabupaten Sukabumi yang dilakukan di PKBM Patriot Cendekia, Kp Cijambe Leuwiliang Rt 01/02 Desa Tanjungsari Kecamatan Bojong Lopang Kabupaten Sukabumi yang kebetulan sebagai tempat kediaman panitia, Minggu (14/11/2021).

Sebagai panitia acara, Hj Ely Yulianingsih menjelaskan program ini sesuai dengan undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 1 butir 10 yang menyatakan PKBM itu merupakan satuan pendidikan non formal, antara lain pendidikan kesetaraan (paket AB dan C), pendidikan keaksaraan, kewarganegaraan, kerumahtanggaan dan lain-lain.

“PKBM ini adalah sebagai wadah kegiatan pembelajaran masyarakat diarahkan pada pemberdayaan potensi untuk menggerakan pembangunan di bidang sosial ekonomi dan budaya. program-program yang di selenggarakan PKBM dapat sangat beragam dan dapat juga tak terbatas, namun harus sesuai dengan kondisi dan potensi masyarakat dimana PKBM berada, atau yang relevan, serta program-program itu harus bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri,” ujar Hj Ely.

“Tujuan PKBM adalah memperluas kesempatan warga masyarakat ataupun siswa-siswi khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan potensinya. Maka dari itu sangat diperlukan sekali pelatihan bagi pusat kegiatan belajar masyarakat dan juga siswa siswi,” lanjutnya.

Dan hasil yang diharapkan bahwa peserta dapat meningkatkan kemampuan dan pengelola PKBM dalam memahami pemenuhan standar kompetensi kelulusan, mendorong PKBM ini untuk lebih tertib dalam mempersiapkan administrasi perangkat kurikulum, menciptakan tertib administrasi dalam pengelolaan organisasi dan kemitraan PKBM, pengelolaan keuangan PKBM dan pengelolaan dokumen, serta hasil belajar dan ujian sekolah meningkatkan pemahaman bagi pengelola PKBM mengenai pengawasan pembelajaran,” pungkasnya.

Acara dihadiri oleh Kwarcab Kabupaten Sukabumi dan Kwarcab beberapa siswa siswi perwakilan beberapa sekolah lain di Kabupaten Sukabumi.

(DidiS /Kontributor: Hamdan AR.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *