Sampah Didepan TPS3R Sukakarya Terkesan Dibiarkan, Sejumlah Warga Galau

oleh -106 views

 

TRANSMETRO.ID,Sukabumi-Sejumlah warga Kampung Babakan RT 03 RW 03 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat, keluhkan dengan keberadaan tumpukan sampah yang memicu bau tidak sedap, Kamis (11/11/21).

Informasi yang dihimpun, keberadaan tumpukan sampah yang terkesan dibiarkan dan tidak ada petugas khusus untuk mengangkut tumpukan sampah tersebut. Padahal, keberadaan tumpukan sampah tersebut, berada dekat dengan TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle) atau tempat daur ulang sampah.

“Keberadaan sampah rumah tangga yang terkesan dibiarkan beberapa hari menumpuk. Bagi kami, sebagai warga yang kerap melintas tentu sangat menggangu, apalagi ditengah cuaca hujan terus turun, sampah itu menimbulkan bau tidak sedap dan pastinya jadi pemandangan tidak sehat,” kata Bah Maul (55) warga Kampung Babakan RT 03/03, saat dimintai tanggapannya terkait keberadaan tumpukan sampah di depan TPS3R.

Hal senada disampaikan Suryana (45) warga Babakan RT 03, mengaku sampah yang munumpuk diduga ulah dari oknum warga yang tidak memiliki kepedulian terhadap lingkungan yang akhirnya mengambil jalan pintas dengan sengaja membuang di lokasi TPS3R.

Sampah
Foto Dokumentasi.

“Ya, secara pribadi sangat terganggu dan tumpukan sampah tersebut tidak enak dipandang. Perlu adanya penanganan dan edukasi terkait penanganan dan dampaknya bila membuang sampah dibukan tempatnya. Kalo kebingungan tidak adanya pasilitasi tempat pembuangan sampah sementara (TPSS), tinggal mendorong pemerintah untuk bisa menyediakan TPSS, agar tidak menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan dan lingkungan,” cetus Suryana.

Suryana mengaku, dalam penanganan sampah yang ada dikediamanya, Ia lakukan dengan membuat lobangan didepan halaman, selanjutnya dibakar. Hal tersebut dilakukan, agar tidak menyebabkan jumlah sampah yang terus-menerus bertambah.

“Kalo mengandalkan petugas kebersihan atau truck yang bisa mengakut¬†sampah dari dinas terkait. Itu sulit, ditambah rumah ada di tengah tengah gang. Saya berharap, ada upaya penanggulangan cepat terkait tumpukan sampah di depan TPS3R. Agar tidak menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan maupun lingkungan,” harapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Unang S.I.P, Kepala Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, mengaku sudah menerima laporan dari warga atas keberadaan tumpukan sampah tersebut dan akan segera bermusyawarah dengan para Ketua RT/RW untuk membahas penanganan sampah tersebut.

“Ya, tadi siang sudah ada laporan dari warga (Herman-red) juga mantan dewan PPP tekait masalah sampah. Insyaallah, besok (Jum’at 12/11/21) akan di musyawarahkan dengan para Ketua RT dan RW, untuk mengenai sampah dan terkait kepengurusan TPS3R,” jelas Unang S.I.P, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp.

Menanggapi persoalan penanganan sampah yang kerap jadi masalah krusial, Komunitas Peduli Lingkungan dan Hutan Sukabumi Raya, M. Putra, mengatakan, perlu dibuat program darurat sampah dengan cara menyediakan tong-tong sampah / penampungan sampah sementara di setiap RT hingga RW. Ditambah, peranan semua pihak baik masyarakat, pemerintah setempat hingga dinas terkait, sangat penting untuk memberikan sosialisasi kampanye darurat sampah yang bertujuan untuk menekan terjadinya persoalan akibat sampah tersebut

“Bila perlu dibentuk Satuan Tugas (Satgas-red) khusus yang dicetuskan masyarakat sekitar. Nantinya satgas ini, ditugaskan untuk memberikan pengawasan hingga teguran kepada oknum warga yang tidak mengindahkan aturan membuang sampah pada tempatnya. Ditambah dengan dipasang sepanduk bertuliskan tentang bahaya membuang sampah dibukan tempat,” tandasnya.

Red : Rudi Samsidi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *