Baru Referendum “Bougainville” Calon Negara Baru di Asia, Benarkah Sudah Diincar Australia?

oleh -155 views
PAPUA NUGINI-Tanah air kita Republik Indonesia (RI) dikabarkan, akan memiliki tetangga negara baru yang bernama Bougainville.

Informasi yang dihimpun, calon negara baru bernama Bougainville ini, tepatnya berlokasi di sebuah pulau yang berada di sebelah Timur Negara Papua Nugini.

Seperti dilansir serambinews.com, calon negara Bougainville ini akan memerdekakan diri setelah melalui proses Referendum sejak dari tahun 2019.

Bougainville ini, konon kabarnya memiliki sumber kekayaan alam yang sangat berlimpah, seperti halnya Negara Timor Leste. Bougainville berharapan bisa mengelola kekayaannya sendiri.

Selain itu, calon negara Bougainville ini diberi bujukan jika komunitas internasional akan menekan Papua Nugini agar menghormati referendum.

Jika hal tersebut nyata, tentunya mengingatkan pada nasib Timor Leste yang konon didukung Australia untuk merdeka. Meski begitu ada yang menarik dari proses kemerdekaan Bougainville ini.

Konon, Papua Nugini nampak enggan untuk melepaskan Bougainville karena takut kehilangan sumber pendapatan. Meski begitu, Papua Nugini juga merasa takut hal ini membuat provinsi-provinsi lain untuk ikut memisahkan diri.

Sementara itu ekonomi Bougainville ternyata menyumbang hasil cukup besar bagi Papua Nugini, antara lain sumber daya mineral, cokelat, kopra dan hasil bahari.

Papua Nugini juga bisa rugi kehilangan budaya dari identitas nasional mereka. Dari situlah Papua Nugini nampak kurang antusias untuk kooperatif dalam proses kemerdekaan Bougainville, tak seperti yang dilakukan Indonesia pada Timor Leste dahulu. (Red/Rudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.