Bupati Sukabumi Tebar Sidat di BBI Tonjong Palabuanratu, Perkuat Potensi Perikanan di Kancah Nasional

oleh -119 views
SUKABUMI-Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi jajaran Forkompinda, kunjungi lokasi demonstration Site I-fish Food and Agriculture Organization ( FAO) di di Balai Benih Ikan (BBI) Tonjong – Palabuhanratu, Rabu (16/12/21) kemarin.

Bupati Sukabumi dalam kunjungannya, sekaligus secara resmi meresmikan Unit Pendederan Sidat (UPS), guna memperkuat kerjasama pengelolaan perikanan darat antara Kementerian Kelautan dan Perikana (KKP) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi.

“Tidak bisa dipungkiri sumber daya sidat terbaik dan terbesar di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sukabumi, diantaranya di Muara Sungai Cimandiri. Untuk itu, melihat potensi tersebut saya menaruh perhatian sangat besar terhadap keberlangsungan usaha perikanan sidat.Meski pengembangan potensi ikan sidat telah banyak dilakukan, seperti pengadaan lahan untuk balai benih pengembangan sidat, kajian mengenai habitasi ikan sidat dan upaya untuk pemberdayaan masyarakat pesisir dalam usaha budidaya sidat,” ujar Bupati Sukabumi.

Selanjutnya, Marwan menjelaskan, bahwa program i-fish FAO ini, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam implementasi proyek prioritas pemerintah daerah, khusus dalam peningkatan kecakapan hidup dan pengembangan kewirausahaan dalam pembudidayaan ikan, termasuk ikan sidat.

Bupati Sukabumi
Foto Dokumentasi : Bupati Sukabumi Marwan Hamami disela peresmian Budidaya Sidat di BBI Tonjong Palabuanratu.

“Alhamdulillah, dengan kerja-keras yang selama ini kita lakukan, maka kami mengharapkan demosite sidat yang dibiayai oleh FAO ini, bakal menjadi percontohan cara budidaya glass eel, juga menjadi elver dan BBI tonjong ini menjadi balai penyedia benih sidat terbesar dan bermutu, itu semua untuk masyarakat pembudidaya sidat disini lebih maju dan berkembang,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, Abdul Kodir menambahkan, bahwa di BBI ini tengah dilakukan percontohan pembesaran budidaya Sidat.

“Kami ingin memperlihatkan demplot percontohan pembesaran ikan sidat di BBI Tonjong. Alhamdulillah, dalam penyebaran bibit sidat secara simbolis diresmikan Bapak Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, semoga ini jadi langkah untuk mendorong peningkatan potensi budidaya sidat di Kabupaten Sukabumi,” tandas Abdul Kadir.

Red : Rudi Samsidi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.