Dapatkan Program Pembangunan RTLH, Keluarga Umar di Gegerbitung Sukabumi Sumringah

oleh -92 views
SUKABUMI-Senyuman kebahagiaan yang dipancarkan keluarga Bapak Umar warga Kampung Pasirdulang, Dusun Bongas, Desa/Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, saat melihat rumah program RTLH sudah selesai dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, rumah keluarga Umar menjadi salah satu program perbaikan RTLH. Pembangunan RTLH tersebut merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Bakti PU ke-76 tahun 2021 dan diserah terimakan secara langsung kepada keluarga Umar oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Kamis (02/12/21) lalu.

“Pembangunan rumah keluarga Bapak Umar yang digeber DPU ini patut diapresiasi, ini menandakan kepedulian pemerintah daerah sangat tinggi kepada masyarakat. Bagi penerima manfaat program RTLH ini harus bersyukur. Semoga ini bisa bermanfaat untuk keluarga dan menjadikan rumah ini dengan diisi rutinitas membaca Al-quran, sehingga menjadi berkah untuk penerima,” ujar H. Marwan Hamami.

RTLH
Foto Dokumentasi : Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Kadis DPU Asep Jafar, Unsur Polri, TNI dan penerima manfaat Program RTLH.

Menurut Marwan, setelah pembangunan rumah ini terealisasi dengan baik, harus menjadi lebih semangat. Sehingga, program perbaikan RTLH tidak hanya mengunakan APBD, akan tetapi lembaga lain dan pusat bisa dimanfaatkan untuk merealisasikan program RTLH secara menyeluruh.

“Peran masyarakat dan institusi lain bisa membantu percepatan perbaikan rumah. Disini perlu peran serta semua dengan gerakan gotong-royong masyarakat yang harus lebih ditingkatkan,” tandasnya.

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Jafar menambahkan, Pemkab Sukabumi sendiri, mendapatkan jatah pembangunan RTLH dari provinsi sebanyak 866 unit. Semua harus selesai di akhir Desember 2021.

“Bantuan RTLH tahun ini syaratnya harus memiliki tanah sendiri, semua tersebar di 27 Kecamatan dan sudah terpenuhi persyaratannya,” ungkap Asjaf sapaan akrab Kadis DPU Kabupaten Sukabumi.

RTLH
Foto Dokumentasi .

Selain itu, Asjaf memaparkan bahwa Pemkab Sukabumi mendapatkan anggaran untuk program RTLH sebanyak 533 dari APBD perubahan.

“Alhamdulillah, untuk program RTLH ini Pemkab mendapatkan dari Provinsi Jabar sebanyak 866 dan 533 dari Pemerintah Daerah. Tak hanya itu, pemerintah meminta kepala desa untuk menganggarkan dana desanya, untuk satu unit program RTLH. Sehingga, dari 381 desa bisa membantu memerbaiki RTLH,” paparnya.

Lanjut Asjaf, pembangunan RTLH ini merupakan hasil kesepakatan bersama petugas PU. Di mana semua para petugas PU, iuran (rereongan) untuk dibelikan tanah dan membangunkan rumah.

“Alhmadulillah, rumah Pak Umar bisa selesai dan diserah terimakan,” tandas Asjaf.

Pak Umar mangaku bersyukur dan ucap terimakasih kepada pemerintah daerah atas bantuan RTLH yang diterimanya.

“Saya tidak menyangka bisa menerima bantuan program RTLH. Alhamdulillah, bagi keluarga kami ini bantuan yang sangat berharga. Terima kasih kepada bapak-bapak yang telah memberikan bantuan kepada kami,” tandasnya.

Redaktur : Rudi Samsidi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.