Pengurus MUI se-Kabupaten Sukabumi Antusias Ikuti Penyuluhan Hukum, Ini Pesan Sekum MUI

oleh -192 views
SUKABUMI-Ratusan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) se-Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ikuti penyuluhan hukum yang dipusatkan di salahsatu hotel ternama di Jalan Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kamis (23/12/21) kemarin.

Informasi yang dihimpun, peserta yang mengikuti penyuluhan sebanyak 250 orang pengurus MUI se-Kabupaten Sukabumi, dan kegiatan yang berlangsung selama dua hari (23- 24/12/2021) tersebut, dibagi ke dalam tiga ruangan guna menjaga protokol kesehatan (Prokes).

“Alhamdulillah, penyuluhan hukum yang dilakukan bersama 250 peserta berjalan dengan lancar dan bermakna,” kata KH. Ujang Hamdun Sekum MUI Kabupaten Sukabumi, saat dikonfirmasi Jum’at (24/12/21).

 

MUI
Foto Dok/Humas : KH. Ujang Hamdun Sekum MUI Kabupaten Sukabumi, disela sambutan.

Adapun pemateri, Sekum memaparkan, pihaknya menghadirkan pembicara dari Kapuspenkum Kejaksaan Agung (Kejagung). Penyuluhan dihadiri, KH Oman Komarudin Ketua MUI, H. Unang Sudarma Ketua BAZNAS, H. Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, Tokoh Ulama dan Forkopimda.

“Seperti yang sudah di amanahkan, pembicara terdahulu telah mengajarkan kepada MUI tentang Syirkatul Masuiyyah. Tentang hukum acara pidana dan perdata yang perlu diketahui dan dipahami bersama, untuk itu penyuluhan hukum ini kami adakan,” jelas KH. Ujang Hamdun.

Sekum menegaskan, Syirkatil Masuiyyah adalah bagian dari persoalan umat dan merupakan tanggung jawab bersama. Sekarang diperkuat lagi dari kepolisian terkait istilah kekinian berupa materi tentang kriminal umum dan kejahatan cyber.

“Pemateri memberikan pencerahan tentang menyaring informasi dari luar yang bersifat hoaks. Pemahaman yang diberikan tiada lain agar penguatan Irsyadiyyah. MUI lebih kuat dan cepat merespon persoalan-persoalan keumatan,” lugasnya.

MUI
Foto Dok/Humas : KH. Oman Komarudin Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, disela sambutan.

Nantinya, kata Sekum diharapkan akan membangun ishlahul ummah dan menjadi satu kesatuan Ukhuwah Wathaniyah, Basyariah, Insaniyah yang. akan menjadi tauhidul ummah di Kabupaten Sukabumi.

“Pancasila selalu mengajarkan kebhinekaan. Apa yang dilakukan MUI lebih jauh dari itu. MUI bisa tegak berdiri sampai hari ini, karena didukung oleh pihak kejaksaan, kepolisian, Kementrian agama, Pemerintah daerah yang selalu memberikan support kepada MUI Kabupaten Sukabumi,” tandas Sekum.

Sekda Sukabumi Ade Suryaman saat membuka acara Penyuluhan Hukum tahap II stadium general pengetahuan hukum kriminal umum dan kejahatan cyber bagi pengurus MUI se-Kabupaten, mengatakan bahwa seluruh unsur harus memiliki pemahaman luas di bidang hukum sesuai dengan perkembangannya, yang bersifat dinamis sehingga dalam melihat permasalahan hukum menjadi lebih berhati hati.

“Saya optimis, ke depan MUI di setiap tingkatan bisa leluasa saat mengemban tugas dan fungsinya, tanpa rasa khawatir dalam melakukan tindakan hukum demi kepentingan umat,” kata Sekda.

MUI
Foto Dok/Humas : H Ade Suryaman Sekda Kabupaten Sukabumi, disela membuka acara.

Sekda menambahkan, kegiatan penyuluhan hukum II stadium general pengetahuan hukum kriminal umum dan cyber bagi para Pengurus MUI sangat tepat diselenggarakan saat ini menyikapi diberlakukannya UU no 11 tahun 2008 tentang ITE.

“Kami yakin, MUI mampu menjaga ketertiban umat serta menangkal gerakan radikalisme serta syiar dan dakwah bisa menjadi semakin lebih berdaya, lebih efektif dan efisien,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan cinderamata dari MUI Kabupaten Sukabumi kepada AKBP Agus Jamaludin SH dan Kompol Riki Aries Setiawan

Red : Rudi Samsidi.

 

MUI
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.