Simak Gaji Ketua RT/RW Terbesar Secara Nasional,?

oleh -139 views
JAKARTA-Tugas sebagai Ketua RT dan Ketua RW secara nasional, tentunya sangat penting dalam membantu peran pelayanan pemerintah, Meski tidak termasuk struktur resmi dalam birokrasi, namun peran dan tugas Ketua RT/RW di lingkungan masyarakat tentu harus diapresiasi atas jabatan sukarelawanya.

Namun sangat miris, sebagian besar menilai sisi kesejahteraan sebagai Ketua RT/RW jauh dari kata bisa menunjang pendapatan. Sampai saat ini, belum ada upah atau gaji yang pasti bagi Ketua RT maupun Ketua RW di Indonesia.

Bisa dikatakan, Jabatan Ketua RT/RW hanya menerima penghasilan sebatas sukarela dari pemerintah daerah (Pemda) di sebagian besar wilayah di Indonesia. Menurut sistem birokrasi, Ketua RT sendiri berada di bawah RW dalam membantu masyarakat, yang membutuhkan layanan pembuatan Surat Pengantar.

Surat Pengantar merupakan salah satu prasyarat untuk pengurusan surat yang bersifat administratif. Diantaranya, untuk syarat pembuatan KTP, KK, Surat Pindah, Akta Kelahiran, Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK), Surat Nikah, Surat Melamar Pekerjaan, Surat Keterangan Tidak Mampu, Surat Keterangan Usaha (SKU) dan lainnya.

Dalam Kepres Nomor 49 Tahun 2001 yang mengatur tentang peranan RT yang menyebutkan salah satu tugas RT adalah membantu pemerintah dalam melayani masyarakat. Ironisnya tugas penting RT/RW masih diemban secara sukarela tanpa upah dan gaji yang pasti jauh dari kata bisa menunjang kesejahteraan.

Akan tetapi, sejak dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, perhatian pemerintah kepada desa mulai dirasakan ada peningkatan meskipun belum secara menyeluruh. Dimana, pemerintah melalui kementerian desa menggelontorkan dana desa hingga Rp1 miliar/desa.

Meski dana tersebut tidak berkaitan langsung dengan gaji Ketua RT/RW, mereka tetap terkena dampak yakni makin diperhatikan, termasuk urusan dana seperti adanya pemberian uang insentif untuk RT dan RW, meski jumlah normalnya belum bisa dinilai sepadan.

Sebagi contoh yang sudah menjadi daerah dengan gaji Ketua RT terbesar sekitar Rp2 juta/bulan dan RW Rp2,5 juta/bulan, itu ada di DKI Jakarta. Untuk itu, hal wajar ketika DKI Jakarta menjadi daerah dengan dana atau gaji Ketua RT dan RW terbesar di Indonesia.

Selain DKI Jakarta, daerah lain yang konon memberikan gaji Ketua RT dan RW dengan nilai cukup besar, itu di Kabupaten Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), dimana wacananya Provinsi Kaltim akan menjadi ibu kota negara baru yang menggantikan DKI Jakarta.

Melihat kondisi dan tugas penting yang diemban Ketua RT dan RW, apakah bakal jadi perhatian pemerintah untuk kedepannya?. Bagaimana kebijakan dan perhatian untuk RT/RW di daerah provinsi, kabupaten/kota kita masing-masing,?. Semoga kesejahteraan mereka dapat berubah dalam sisi dedikasi penghargaan untuk para Ketua RT/RW di Indonesia.

Red : Rudi Samsidi.

 

RAI HG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.