Para Peserta Qoriah Muda Palabuanratu Ikuti Lomba MTQ Tingkat Kecamatan, Ini Kata Camat H. Ali Iskandar

oleh -95 views
Qoriah
Foto Dokumentasi Humas Setda Kabupaten Sukabumi.
SUKABUMI-Sejumlah peserta Qoriah di wilayah Kecamatan Palabuanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan khusu ikuti seleksi Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Kecamatan Palabuhanratu, di Masjid Agung Palabuhanratu, Kamis (13/1/22).

Informasi yang dihimpun, para Qoriah muda terbaik yang nantinya akan dipersiapkan dalam lomba MTQ tingkat Kecamatan yang selanjutnya akan diseleksi untuk maju ke tingkat Kabupaten.

H. Ali Iskandar Camat Palabuanratu disela membuka sekaligus mendampingi pelaksanaan musabaqoh tingkat Kecamatan Palabuanratu, mengatakan, dirinya bersama LPTQ, KUA, MUI, dan Ketua Remaja Masjid Agung Palabuhanratu, ingin memastikan substansi dari musabaqoh yang akan dilaksanakan dengan semestinya.

“Pelaksanaan seleksi para peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Palabuanratu, ini dilakukan secara berjenjang. Dimana hari ini dilaksanakan ditingkat kecamatan dan minggu yang akan datang akan maju ditingkat Kabupaten,” kata H. Ali Iskandar Camat Palabuanratu.

Ali merasa bangga dan apresiasi kepada para peserta MTQ yang banyak memiliki kemampuan dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan memperhatikan pasih tajwid maupun lagam alunan yang memiliki ciri khas Qoriah muda yang berkualitas.

“Alhamdulillah hari ini saya bersama KUA, LPTQ dan lembaga organisasi keagamaan serta Forkopimcam dan para Kepala Desa bisa melaksanakan kegiatan seleksi MTQ tingkat Kecamatan dan banyak peserta yang memiliki potensi jadi Qoriah berprestasi,” ucap Ali.

Qoriah
Foto Dok Humas Setda Kabupaten Sukabumi.

Lajut mantan Camat Kebonpedes ini, adapun tujuan kegiatan pelaksanaan musabaqoh tingkat Kecamatan Palabuanratu tersebut, supaya masyarakat muslim khususnya para kaula muda, terus semangat untuk bisa memakmurkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-harinya.

“Semoga kegiatan Qoriah ini dapat menjadi acuan dalam menggerakan satuan-satuan lembaga pendidikan disetiap qoriah dan individu muslim. Sehingga bisa menjadikan Kabupaten Sukabumi yang religius maju dan inovatif. Salahsatunya dengan pendekatan keagamaan bisa tertunaikan dan bisa dilaksanakan kegiatan keagamaan ini,” papar Camat Palabuanratu.

Ditempat terpisah, Abdullah Mu’min Ketua Remaja Masjid Agung Palabuhanratu menambahkan, dalam tahapan proses seleksi peserta MTQ tingkat Kecamatan sendiri, dibagi beberapa cabang yang dilombakan. Diantaranya Cabang Seni Baca Alquran, Hafalan Alquran, tafsir Alquran, Fahmil Alquran, Syahril Alquran, Khatil Quran, Kaligrafi, Qira’at Alquran, dan Bintang Fokal dan Pop Religi.

“Adapun untuk cabang seni baca Al-Qur’an diikuti 15 peserta, hafalan Al-Qur’an 20 peserta, tafsir Al-Qur’an 1 peserta, fahmil Al-Qur’an 2 regu, syahril Al-Qur’an 3 regu, khatil Qur’an 3 peserta, kaligrafi 11 peserta, qira’at Quran 3 peserta, sementara bintang vokal dan pop religi 2 peserta,” tandasnya.

Redaktur : Rudi Samsidi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.