Ruang Sidang Baru, Dorong Tingkatkan Layanan PN Kelas IA Cibinong Menuju WBK dan WBBM

oleh -65 views

Cibinong, transmetro.id, Senin, 31 Januari 2022,

BOGOR,-Bupati Bogor, Ade Yasin meresmikan Ruang Sidang dan Rumah Dinas Pengadilan Negeri Kelas IA Cibinong serta Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di PN Kelas IA Cibinong, Jumat (28/1).

Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan bahwa terbangunnya baik rumah dinas dan ruang sidang baru, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan seoptimal mungkin menuju WBK dan WBBM.

“Hari ini kita bersama-sama meresmikan, saya ucapkan selamat atas peresmian ruang sidang dan rumah dinas PN Kelas IA Cibinong yang baru. Semoga dengan diresmikan ruang sidang baru ini, PN Cibinong  makin semangat dan pelayanan juga makin meningkat, sehingga masyarakat nyaman dilayani, sebab pelayanan peradilan di PN Cibinong ini sangat luar biasa bahkan dalam 1 tahun bisa mencapai 3.000 kasus peradilan yang harus dilayani,” tegas Ade Yasin.

Bupati melanjutkan, seiring dengan meningkatnya kebutuhan pelayanan masyarakat tentunya perlu dukungan semua pihak lainnya, tentunya pihaknya akan respon kebutuhan yang berkaitan dengan masyarakat. Ia memandang penting sinergi yang kuat antar seluruh komponen Forkopimda termasuk dengan PN kelas IA Cibinong yang merupakan satu pilar untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban.

“Dengan mendapat dukungan dari Forkopimda untuk mendorong mewujudkan visi misi kami. Tentunya kami juga harus support para pimpinan Forkopimda, seiring dengan tingginya tuntutan masyarakat akan birokrasi transparan, akuntabel, bebas korupsi dan nepotisme serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan reformasi birokrasi,” bebernya.

Ade Yasin mengapresiasi dengan adanya pencanangan zona integritas pada PN Kelas IA Cibinong sebagai wujud tekad dan kesiapan institusi untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Tentunya dibutuhkan kerja keras dan sinergi oleh seluruh elemen institusi pimpinan dan para pegawai.

“Harus kompak dalam membangun dan menjaga zona integritas, setiap aparatur peradilan harus berada pada jalur dan aturan yang telah ditetapkan, sehingga zona integritas ini dapat terwujud dan kualitas pelayanan peradilan semakin prima di Kabupaten Bogor. Semoga seluruh stakeholder dapat bersinergi membantu mengawal komitmen PN Cibinong untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas dari korupsi,” harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua PN Kelas IA Cibinong, Khamim Thohari mengungkapkan, atas nama keluarga besar PN Cibinong Kelas IA mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bogor dalam hal ini Bupati Bogor yang telah mendukung instansi vertikal semoga dengan diresmikannya gedung ini pihaknya bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan khususnya masyarakat Kabupaten Bogor dan seluruh masyarakat pencari keadilan di PN Cibinong Kelas IA.

Katanya, sebagai informasi sarana prasarana di PN Cibinong Kelas IA, sebelum adanya tiga ruang sidang baru, ia dan jajarannya cukup kerepotan dalam memberikan layanan persidangan kepada masyarakat sebab PN Cibinong Kelas IA hanya mempunyai 5 ruang sidang dewasa dan 1 ruang sidang anak dengan total Majelis Hakim (MH) sebanyak 9 MH. Antara jumlah MH dengan ruang sidang tidak seimbang sehingga layanan persidangan harus antri dan dibagi menjadi dua jadwal yakni Senin-Rabu dan Selasa-Kamis.

“Banyaknya layanan persidangan dalam 1 tahun kurang lebih 3.009 kasus persidangan yang harus dilayani bahkan bisa sampai malam. Alhamdulilah sekarang kita tambah 3 ruang sidang baru semoga layanan kita bisa meningkat. Layanan persidangan bisa full kami berikan dari Senin-Kamis, dan semua MH satu-satu bisa mendapat ruang sidang dan pelayanan kami bisa meningkat,” tuturnya.

Khamim menambahkan, untuk meningkatkan pelayanan selain penambahan gedung sidang baru, pihaknya juga telah memberlakukan pelayanan pendaftaran perkara secara elektronik dengan sistem pembayarannya juga secara elektronik. Kemudian, pemanggilan secara elektronik tanpa dipungut biaya atau gratis, lalu di masa pandemi ini PN Cibinong juga telah memberlakukan pelayanan persidangan online.

“Kami juga sedang berupaya memberikan pelayanan persidangan ramah anak untuk mendukung terwujudkan Kabupaten Bogor Ramah Anak. “Mohon dukungannya kepada Pemkab Bogor terkait pembangunan ruang persidangan ramah anak, sehingga kalau ada perselisihan anak berhadapan dengan hukum kita bisa memberikan pelayanan representatif,” tandasnya.
(DidiS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.