Sekda Ade Suryaman : Kerjasama Pengolaan Sampah, Pemda Terapkan Teknologi dan Dorongan Nilai Ekonomi

oleh -130 views
SUKABUMI-Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, pimpinan Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Permohonan Kerjasama Pengelolaan Sampah, diruang rapat Perumda BPR Sukabumi, Jalan Suryakencana, Kota Sukabumi, Rabu (05/01/22).

Sekda Ade Suryaman mengatakan, dalam Rapat Pembahasan Tindakan Lanjut Permohonan Kerjasama Pengolaan Sampah, perlu dilakukan kajian permohonan kerjasama dengan memperhatikan kebijakan daerah dan rencana kerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam teknis pengelolaan sampah di Kabupaten Sukabumi.

“Perlu diketahui, kondisi Eksisting Pengelolaan Sampah di Kabupaten Sukabumi, volume sampah yang masuk ke TPA Cimenteng yang di tangani dari 27 Kecamatan, dengan mengerahkan 45 unit armada sampah, secara grafis total sampah yang diangkut mencapai 220 ton/hari,” ungkap Sekda Ade Suryaman.

Menurut Ade, dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Sukabumi saat ini menunjukan, perlunya tempat pengelolaan sampah yang memadai. Hal tersebut, ditunjang ketersediaan lahan yang ada yaitu di Desa Cijambe Kecamatan Cikidang, TPA Cimenteng.

“Mulai dari DED dan Amdal pembangunan loakasi tersebut sudah tersedia. Perkiraan umur TPA 30 tahun dengan sistem sanitari landfill. Nantinya akan diterapkan alternatip teknologi pengelolaan sampah baik pengelolaan di sumber sampah maupun di TPA,” kata Ade.

Lanjut Ade, dengan pemanfaatan sampah sebagai sumber energi terbarukan (biomassa-red). Nantinya bisa dipergunakan untuk sumber energi pembangkit listrik maupun pemrosesan batu kapur batu bata, bahkan kegiatan lain yang memerlukan energi panas.

“Pemerintah Daerah berharap kerja sama pengelolaan sampah ini bisa memberikan nilai ekonami dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Sukabumi,” tandas Ade.

Redaktur : Rudi Samsidi.

Sekda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.