718 Bahasa Daerah Hampir Punah, Sekda-Kita Dorong 38 Diantaranya Direvitalisasi Tahun 2022

oleh -66 views

718 Bahasa Daerah Hampir Punah, Sekda-Kita Dorong 38 Diantaranya Direvitalisasi Tahun 2022

SUKABUMI,-Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman menghadiri rapat Revitalisasi Bahasa Daerah dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim secara virtual dari Command Center Sekretariat Daerah Palabuhanratu. Selasa (22/2/22).

Mendikbud Nadiem menjelaskan, ada sebanyak 200 bahasa daerah di Dunia. Namun yang paling unik di Indonesia yaitu sebanyak 718 bahasa daerah, tetapi sangat disayangkan dengan ragam bahasa daerah di Indonesia itu semakin tersisih penggunaannya. “sangat disanyangkan ratusan bahasa daerah itu hampir hilang, penyebabnya karena penuturnya tidak mewariskan bahasa daerah tersebut” jelasnya.

Bahasa daerah itu bukan hanya susunan sebuah kata menurut Mendikbud, melainkan itu adalah sebagian dari identitas bangsa serta kekayaan kebhinekaan dan kebudayaan Indonesia. “Jadi kalau bahasa daerah kita hilang artinya kita telah kehilangan kekayaan kebhinekaan kebudayaan kita” tegasnya.

Dengan persoalan tersebut sambung Mendikbud, pihaknya kali ini akan fokus mengembangkan bahasa tersebut sesuai dengan bahasa di daerahnya masing-masing, di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Kita akan mensiasati Komunitas, Kepala Sekolah, Guru, Pengawas dan Siswa yang ada didalam program” bebernya.Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman menambahkan, pihaknya akan mendorong 38 bahasa yang akan dikembangkan di Revitalisasi Bahasa Daerah tahun 2022. “Dari 718 bahasa di Indonesia itu dikhawatirkan punah, oleh karena itu dari kemendikbud tahun 2022 revitalisasinya di-38 bahasa” ucapnya.

Sekda mengajak kepada seluruh masyarakat yang memiliki putra-putri didik untuk membiasakan menggunakan bahasa daerahnya sesaat berkomunikasi dengan anak.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.