Bersama Ridwan Kamil, Ade Yasin Resmikan Pasar Cisarua Sebagai Penunjang Wisata Puncak

oleh -66 views


Cisarua Bogor.transmetro.id ||
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Bupati Bogor Ade Yasin lakukan peresmian Pasar Cisarua, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor,  Sabtu (26/2/22), didampingi Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin dan Kapolres Bogor. 

Bupati Bogor, Ade Yasin menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jabar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat beserta jajaran atas terwujudnya revitalisasi Pasar Cisarua melalui bantuan keuangan dan dana Pemulihan Ekonomi Nasional Provinsi Jawa Barat tahun 2021. 

“Alhamdulilah hari ini kita akan bersama-sama melihat peresmian Pasar Cisarua dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Gubernur Jawa Barat beserta jajaran. Berkat revitalisasi kini Pasar Cisarua sangat bagus, bersih, rapih dan tidak kumuh. Sebelum revitalisasi kondisinya cukup memprihatinkan, saluran drainasenya juga tidak berfungsi sehingga pasar kerap banjir di musim hujan dan Pedagang Kaki Lima nya juga tidak tertata, tetapi sekarang sudah masuk ke pasar semuanya, Alhamdulillah kondisinya sudah bagus apalagi dilengkapi dengan foodcourt sehingga masyarakat bisa belanja sekaligus jajan,” terang Ade Yasin. 

Ia juga berharap, para pedagang di Pasar Cisarua untuk dapat menjaga kebersihan, agar pasar ini tetap terawat dengan baik, kelola sampah dengan baik jangan sampai buang sembarangan dan menimbulkan serakan dan tumpukan sampah. 

“Masyarakat di sini juga akan lebih bahagia kalau pasarnya bersih dan rapih. Mudah-mudahan pasar ini jadi penunjang pariwisata,  dan tentunya tidak hanya Pasar Cisarua tetapi seluruh pasar di Kabupaten Bogor jadi pusat perbelanjaan bagi masyarakat. Juga sebagai tempat ajang silaturahmi bagi masyarakat baik pembeli maupun penjual, dan tentunya pasar ini mempunyai aspek kepedulian yang berbeda di tiap kecamatan, semuanya mempunyai kearifan lokal, sehingga kearifan lokal ini kita bisa pelihara,” tegas Bupati Bogor. 

Tambah Ade Yasin, berterima kasih kepada PD Pasar Tohaga yang terus melakukan optimalisasi pengelolaan 29 pasar aktif di Kabupaten Bogor, yang sekarang sudah mulai membenahi pasar-pasar termasuk juga berkontribusi terhadap masyarakat dengan memberi kemudahan, seperti pasar yang bisa dibeli dengan cara online yaitu Mitoha atau Mitra Tohaga. 

“Jadi masyarakat dalam situasi pandemi seperti ini bisa belanja online di pasar, pesan dari rumah  tanpa harus jalan kaki, melalui layanan Mitoha,” katanya. 

Selanjutnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuturkan, selama beberapa tahun Pemerintah Provinsi Jabar juga fokus pada pembangunan sejumlah pasar di Jawa Barat yang dilakukan melalui 2 tahap. Meskipun di tengah pandemi Covid-19 yang melanda sejak tahun 2019 tetapi revitalisasi pasar terus dilakukan karena berkaitan erat dengan perekonomian masyarakat pasar ini. 

Melalui revitalisasi pasar ungkap Ridwan Kamil, ia ingin meningkatkan eksistensi pasar tradisional dengan menyediakan pasar tradisional bersih dan rapih, sebab kelompok masyarakat menengah ke atas cenderung sungkan untuk ke pasar tradisional alasannya hanya satu yaitu urusan kebersihan. 

“Ini ingin kita wujudkan, salah satunya seperti yang sekarang kita lakukan, kolaborasi dengan Kabupaten, jadi nanti ada anak muda Cisarua bisa bikin acara bazaar dan sebagainya di Pasar Cisarua ini apalagi udah ada semacam tempat foodcourtnya  Saya yakin Bu Ade sedang bahagia, karena bahagian pemimpin mah kalau sudah meresmikan- meresmikan, berarti kerja tuntas dan beres,” ujar Ridwan Kamil. 

Ridwan Kamil juga berharap Pasar Cisarua ini menjadi pasar unggulan terlebih berada di kawasan pariwisata. “Revitalisasi pasar kita kerjakan, Pasar Cisarua kini istimewa. Semoga menjadi pasar unggulan dan bisa mendorong kawasan Puncak jadi kawasan pariwisata terbaik di Jawa Barat,” imbuhnya. 

Sebagai informasi turut hadir pada kegiatan  peresmian pasar cisarua yakni, Ketua PKK Provinsi Jawa Barat, dan Kepala Disdagin Provinsi Jawa Barat.
(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.