Giat Baksos Peduli Lingkungan Hidup, GM FKPPI Kabupaten Bogor Didukung PWRI

oleh -124 views

Bogor.transmetro.com.
Pengurus Cabang X 04 GM FKPPI Kabupaten Bogor yang beralamat di gedung Pemuda KNPI Kabupaten Bogor, Jalan Raya Tegar Beriman Cibinong, berencana akan melaksanakan bhakti sosial peduli lingkungan hidup pada hari Kamis 17 Februari 2022 dengan mengusung tema ‘Peduli Lingkungan Hidup untuk Pencegahan Tanah Longsor dan Penanggulangan Pemanasan Global’.

Hirjamiat Sholiha (Roses) selaku pengurus X.04 GM FKPPI Kabupaten Bogor menuturkan pihaknya berencana akan melakukan Baksos, “Kami berencana akan melaksanakan Kegiatan bhakti sosial peduli lingkungan hidup, dengan rangkaian kegiatan seperti gerakan pembibitan dan penanaman bambu serta pelatihan olahan bambu yang berlokasi di Daerah Aliran Sungai Cisadane sekitar Desa Putat Nutug Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Masih menurut Roses, kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional dan Hari Pembela Tanah Air (PETA) ini sengaja menggunakan media bambu karena bambu sangat bermanfaat selain untuk pencegahan tanah longsor dan penanggulangan dampak Pemanasan Global juga sebagai reboisasi.

Kegiatan ini di dukung oleh KADIN Kabupaten Bogor dan Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Bogor Raya,”terangnya.

Lebih lanjut Roses Ketua DPC FKPPI Kabupaten Bogor menjelaskan
“Adapun maksud dan Tujuan Kegiatan diantaranya pertama Setiap batang bambu mampu menampung 10 liter air disaat hujan. Kedua setiap batang bambu setap hari menghasilkan oksigen 3 kg, sumbangsih untuk paru-paru dunia dalam rangka menanggulagi efek pemanasan global. Ketiga bambu memiliki panjang akar sampai 40 m, berguna memperkuat struktur tanah agar fidak longsor. Keempat melestarikan bambu sebagai simbol Perjuangan Kemerdekaan Indonesia yaitu ambu Runcing,. Kelima melestarikan jenis bambu agar terhindar dari kepunahan. Keenam melestarikan habitat bambu yang ada. Ketujuh membentuk habitat bambu di lahan-lahan rawan longsor dan kurangnya ketersediaan air dalam tanah. Membentuk kegiatan ekonomi dari olahan bambu.”
“Dan jangan lupa, bambu dapat memecah terbentuknya Badai Angin,” pungkasnya.
(Andi.sp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.