Milangkala Kesatu Tahun, Yayasan Iderbuana Lestrikan Budaya di Bojonggenteng

oleh -112 views

Milangkala Kesatu Tahun Yayasan Iderbuana Lestrikan Budaya

Sukabumi-transmetro.id, Minggu, 12 Februari 2022, Laporan, Reporter Aswin S.

TRANSMETRO,-Pergelaran kreasi seni semi pasang giri pencak silat dan pertunjukan debus Yayasan iderbuana menjelang satu tahun berdiri menggelar kreasi seni pencaksilat di kampung Bojonggenteng Desa Berekah Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Sabtu ( 12/02/2022).

Hadir dikegiatan itu Ketua Yayasan beserta pengurusnya, Ketua IPSI Kecamatan Bojonggenteng sekaligus dewan juri yang langsung dari kabupaten Sukabumi, Sesepuh, Muspika Kecamatan Bojonggenteng yang diwakili, dan Para peserta paguron paguron.

Pada acara ini, Selain melestarikan seni budaya Pencak Silat dan juga membangun tali shilaturohmi serta mempererat pengurus yayasan dengan paguron-paguron yang ada di wilayah kabupaten Sukabumi,

Pentas kreasi seni pencak silat Semi pasang giri ini berlangsung selama satu hari semalam dengan tujuan, untuk menumbuh kembangkan serta menggairahkan kembali seni budaya Silat, juga, untuk memberikan suport terhadap anak ” anak muda, untuk terus melestarikan kesenian tradisional melalui pagelaran seni budaya ini,

Ketua yayasan iderbunia, yang disapa Aki ini, dalam penuturannya ia mengatakan “Kami berharap bahwa seni budaya pencak silat ini dapat dikenal ditingkat nasional hingga ke manca negara, kepersertaan pergelaran semi pasang giri tersebut, jumlah 39 Peserta dari tujuh paguron dengan usia dini dan dewasa laki laki maupun perempuan .

Nama-nama paguron yang hadir, diacara Ini ialah dari, SMA 1, Cikidang, Paguron Surya Medal Cilengo, Paguron Pusaka jati diri, Paguron Harapan mekar, Paguron Surya medal Nagrak, Paguron yaspin Nurul ihwan Cikidang, Paguron Sinarmekar Harapan, Paguron Ciseureuh,

Tambahnya,,”Harapan besar seni budaya ini terus berkembang, makanya melalui pertunjukan-pertunjukan ini lah upaya kami dalam melestarian seni budaya, jelasnya.

“Tak hanya itu, pergelaran ini juga guna menjaga ketahanan budaya para warga sekitar yang aktip dan rutin setiap Minggunya dengan menampilkan pencak silat di bawah binaan Yayasan iderbuana akan kami perhatikan dan Mempasilitasi segala kebutuhan kebutuhan yang berkaitan dengan pencak silat ketingkat kabupaten, Provinsi atau pusat.

Baca Juga, https://transmetro.id/2022/01/yudha-sukmagara-reses-ke-1-tahun-2022-jembatan-penghubung-kebonpedes-gegerbitung-jadi-skalaprioritas/

“Sementara, Sekjen yayasan iderbuana, Irsan Riswandi S.Pd. mengatakan, Bahwa melakukan pertunjukan seni budaya di wilayah Bojonggenteng, kita berharapkan dapat mendongkrak serta menstabilkan pencaksilat di wilayah Bojonggenteng dan umum Nusantara, Sehingga seni budaya tetap lestari maju dan berkembang, .

Ditambahkannya, dalam kegiatan ini, sengaja pihaknya mengusung tema, “Menumbuhkan Ketahanan Budaya pada Masyarakat Sekitar kami berkeinginan menumbuhkan kembali semangat pelaku seni budaya yang ada di wilayah wilayah tersebut, Pungkasnya.

Red.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.