Mulyadi Gerindra Hadirkan Kemendes Guna Mendengarkan Aspirasi Para Kades

oleh -76 views

Jonggol Bogor.transmetro.id ||
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Abdul Halim Iskandar didampingi Istri Lilik Umi Nasriyah dan Sekjen Kemendes PDTT, Taufik Madjid, serta Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito hadir dan duduk bersama dengan Anggota Komisi V DPR RI, Mulyadi dalam acara Silaturahmi dengan Kepala Desa se Kabupaten Bogor di Bumi Sultan, Jln Raya Jonggol No.37 Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022).

Silaturahmi yang menghadirkan perwakilan 30 Kades mewakili Kades se Kabupaten Bogor tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Prasetyawati serta Beben Suhendar anggota DPRD Kabupaten Bogor.

Kemendes Abdul Halim Iskandar bersama Anggota Komisi V DPR RI, Mulyadi dalam acara Silaturahmi dengan Kepala Desa se Kabupaten Bogor

Dalam kesempatan tersebut, Damanhuri selaku Kades Gunung Putri memaparkan pelaksanaan Desa Digital yang telah berhasil dilaksanakannya, “Desa Digital telah kami laksanakan sekitar setahun berjalan dengan mentransformasikan digitalisasi bagi masyarakat Desa Gunung Putri bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) selaku leading sektor di desa. Hasilnya alhamdulillah hingga saat ini dapat berjalan dengan baik, tembus menyentuh ke lapisan masyarakat yang rata-rata telah memiliki gadget” ungkap Damanhuri yang mendapat apresiasi dari Kemendes seraya berharap, Desa Digital yang telah dilaksanakan di Gunung Putri dapat menjadi contoh bagi desa lain.

Kades perwakilan lain juga menyinggung masih adanya desa tertinggal dengan beberapa permasalahan terutama terkait pembiayaan desa, terutama dari segi peraturan yang berbeda penafsiran antara dari Kementerian atau tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten Kota hingga ke kecamatan. Hal ini tentunya sangat membingungkan bagi para Kades, dan berharap permasalahan tersebut segera mendapatkan solusi.

Perwakilan Kepala Desa yang hadir pada umumnya sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas inisiatif H Mulyadi selalu anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra tersebut yang telah menghadirkan Kemendes untuk berdiskusi langsung, dan berharap akan berkelanjutan pada pertemuan berikutnya.

Menurut Mulyadi, kegiatan silaturahmi ini sebenarnya sudah direncanakan sejak jauh hari, namun karena pandemi mengakibatkan tertunda beberapa lama, “Sesungguhnya sudah lama kami merencanakan acara silaturahmi ini dengan tujuan agar pak Mentri dapat mendengarkan langsung aspirasi dan permasalahan yang terdapat di tingkat desa,” ungkap Anggota Dewan dari Dapil Jabar V Kabupaten Bogor tersebut.

“Pertemuan silaturahmi ini merupakan ikhtiar saya yang bermitra dengan Kementerian Desa untuk mempertemukan langsung dengan perwakilan kepala desa yang berprestasi dan Kepala Desa yang desa desanya masuk kategori tertinggal, mengingat jarak dari Bogor ke Jakarta dan Istana Bogor tidak jauh,” imbuhnya.

Mulyadi menambahkan, karena masih dalam kondisi pandemi, maka dirinya harus membatasi jumlah peserta perwakilan Kepala Desa dan tidak bisa mengundang lebih banyak dari sekarang ini, “In sya Allah pada kesempatan berikutnya pasca Pandemi, jumlahnya dapat kita maksimalkan, mengingat jumlah desa di Kabupaten Bogor lebih dari 400 desa,” pungkasnya.

Moment tersebut dimanfaatkan untuk berdialog langsung secara interaktif antara Perwakilan Kepala Desa dengan Mendes yang didampingi sekjen, Dirjen dan direktur yang menangani permasalahan terkait pembangunan Desa dan pedesaan.
(Amin Sudarmin/DidiS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.