9 Maret 2022, PT KAI Daop 2 Bandung Sesuaikan Ketentuan Naik Kereta Api

oleh -74 views

BANDUNG-Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan RI telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 25 Tahun 2022, tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19, pada Selasa (8/3/22) lalu.

Informasi yang dihimpun, Mengacu pada isi SE Kemenhub Nomor 25 Tahun 2022 sekaligus SE Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022 terdapat ketentuan baru syarat perjalanan menggunakan kereta api jarak jauh (KAJJ).

Khusus di wilayah Daop 2 Bandung peraturan ini diberlakukan di seluruh stasiun keberangkatan KAJJ, salah satunya Stasiun Purwakarta yang melayani naik-turun penumpang KA. Berikut jadwal perjalanan KAJJ di Stasiun Purwakarta :

  • KA 305D Serayu (Kroya-Pasarsenen) berangkat pukul 01.50 WIB
  • KA 126 Harina (Cikampek-Bandung) berangkat pukul 03.25 WIB
  • KA 302A Serayu (Pasarsenen-Kroya) berangkat pukul 11.20 WIB
  • KA 301A Serayu (Kroya-Pasarsenen) berangkat pukul 15.55 WIB
  • KA 125A Harina (Bandung-Cikampek) berangkat pukul 22.02 WIB
  • KA 306D Serayu (Pasarsenen-Kroya) berangkat pukul 22.08 WIB.

Adapun persyaratan lengkap perjalanan menggunakan KAJJ sesuai SE Kemenhub Nomor 25 Tahun 2022 yang perlu diperhatikan dan disesuaikan pelanggan KA, sebagai berikut:

  1. Pelaku perjalanan KAJJ wajib menunjukkan kartu vaksin dosis lengkap (minimal dosis kedua) atau vaksinasi dosis ketiga (booster). Penumpang tidak diwajibkan menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.
  2. Pelaku perjalanan KAJJ dengan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.
  3. Pelaku perjalanan dengan kepentingan khusus medis atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak/belum dapat menerima vaksinasi dengan alasan medis bedasarkan keterangan dokter dari RS Pemerintah wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  4. Pelaku perjalanan KAJJ dengan usia di bawah 6 tahun dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tidak wajib vaksin maupun antigen/RT-PCR
  5. Setiap pelaku perjalanan KAJJ wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan. Untuk validasi data vaksinasi pelanggan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi. Hasilnya, data vaksinasi pelanggan dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.
  6. Kondisi badan sehat, suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat celcius serta menggunakan masker 3 lapis dan menerapkan 6 M.
  7. Kapasitas tempat duduk dalam rangkaian KA maksimal 100%. Namun diharapkan pelanggan tetap wajib mematuhi protokol kesehatan secara disiplin saat menggunakan layanan kereta Api.
  8. Jika saat boarding ada penumpang KA sudah vaksin dosis dua/booster namun ditemukan positif Covid-19 dalam kurun waktu 14 hari, maka tidak boleh melakukan perjalanan, tiket dibatalkan.

“PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai operator moda transportasi kereta api berkomitmen mendukung segala kebijakan Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di sektor transportasi. Dengan diberlakukannya SE Kemenhub terbaru ini kami mengimbau para pelanggan KA dapat menyesuaikan dan memperhatikan persyaratan yang berlaku,” jelas Kuswardojo selaku Manager Humas Daop 2 Bandung, Kamis (10/3/22).

Lajut dia, Sejak diberlakukannya SE Kemenhub Nomor 25 Tahun 2022 pada hari ini, maka SE Kemenhub Nomor 97 Tahun 2021 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Meski terdapat perubahan pemberlakuan persyaratan perjalanan KA, namun PT KAI Daop 2 Bandung masih akan membuka layanan pemeriksaan Antigen di stasiun keberangkatan KAJJ bagi calon penumpang dengan vaksin dosis pertama atau kepentingan medis khusus/komorbid dengan biaya pemeriksaan sebesar Rp 35.000.

“Selain Stasiun Purwakarta saat ini di PT KAI Daop 2 Bandung terdapat stasiun lainnya yang melayani layanan Antigen, antara lain Bandung, Cimahi, Kiaracondong, Cipendeuy, Tasikmalaya, Banjar dan Ciamis,” papar dia.

Selama masa pandemi, kata dia, KAI terus mengedepankan protokol kesehatan secara konsisten. Sebagai bentuk dukungan penuh maka sejumlah aturan yang diterapkan pada perjalanan KA juga mengacu pada kebijakan pemerintah.

Dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta, seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin, penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

“KAI akan terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi semua stakeholder yang ada, pastikan informasi yang Anda terima hanya dari sumber resmi yang terpercaya. Mari jadikan perjalanan kereta api Anda menjadi perjalanan yang aman, nyaman dan sehat untuk kita semua,” tandas Kuswardojo.

Red : Rudi Samsidi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.