Hari Air Sedunia, UPTD PSDA Cisadeo-Cibareno Gandeng Karang Taruna dan Dampal Jurig, Tanam Ribuan Bibit Pohon dan Benih Ikan

oleh -99 views

SUKABUMI-Sebanyak 5000 bibit pohon dan ribuan benih ikan ditebar di Sungai Cimandiri, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (10/3/22).

Ribuan bibit pohon dan benih ikan ditebar dalam rangka Hari Air Sedunia tahun 2022, rangkaian kegiatan tersebut digagas Dinas SDA Provinsi Jabar UPTD PSDA Ws Cisadeo-Cibareno, berkolaborasi dengan Karang Taruna Kota/Kabupaten Sukabumi dan Komunitas Pencinta Alam dan Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah, kegiatan ini kita kerjasama dengan LSM Dampak Jurig, Karang Taruna Kota/Kabupaten Sukabumi dan pemerintah daerah. Dalam penanaman pohon dan tebar benih ikan bagian dari kepedulian kita terhadap lingkungan dan pelestarian alam,” kata Ir. Andria Hendraningrat, Kepada Dinas SDA Provinsi Jabar UPTD PSDA Ws Cisadeo-Cibareno, kepada awak media.

Ia menjelaskan, kegiatan baksos tersebut salah satu bentuk kepedulian SDA Provinsi Jabar bersama Karang Taruna Sukabumi dan Komunitas Pencinta Alam, dengan harapan memberikan contoh positif kepada masyarakat luas, bagaimana pantingnya sumber air dan menjaga lingkungan.

Foto Dokumentasi.

“Semoga kepedulian kita semua terhadap lingkungan terus ditanamkan. Pasalnya peresapan air yang ada di Sukabumi sudah mulai kritis. Dengan kejadian bencana banjir yang lalu, salah satu bukti dan bentuk kita mulai membangkitkan lagi masyarakat terhadap lingkungan alamnya,” paparnya.

Ditempat terpisah, Bupati Sukabumi Marwan Hamami yang diwakili Suhaebot Ginting, Kabid AMDAL DLH Kabupaten Sukabumi, mengapresiasi gerakan baksos penanaman bibit pohon dan tebar benih ikan, dalam rangka Hari Air Sedunia tepat untuk mengingatkan semua pihak, untuk pentingnya kepedulian terhadap lingkungan hidup.

“Dalam menjaga ekosistem lingkungan hidup agar terjaga dan jauh pencemaran lingkungan, semua pihak harus ikut terlibat dalam menjaganya, salah satunya dengan penanaman bibit pohon dan tebar benih ikan seperti ini,” singkat Suhaebot.

Foto Dokumentasi.

Sementara itu, Raden Kusumo Hutaripto Ketua Karang Taruna Kota Sukabumi, menilai kegiatan positif baksos penanaman bibit pohon dan tebar benih ikan, bertepatan Hari Air Sedunia bersama Dinas SDA Provinsi Jabar, perlu terus ditingkatkan dengan harapan bisa meminimalisir terkikisnya ruang lingkungan hidup menjadi tempat atau bangunan-bangunan yang tidak memperhatikan serapan air dan reboisasi.

“Sebelumnya atas nama Pemuda Karang Taruna Sukabumi, kami ucapakan Selama Hari Air Sedunia. Mari bersama-sama kita jaga lingkungan dari oknum oknum tak bertanggung jawab,” tandasnya

Red : Rudi Samsidi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.