Kisah Heroik Polisi Sukabumi Selama Operasi Pengamanan Arus Mudik dan Wisata

oleh -60 views

Kisah heroik Polisi Sukabumi selama operasi pengamanan arus mudik dan kunjungan wisatawan

Sukabumi, transmetro.id, Selasa, 10 Mei 2022, Sbr:hms/plrs/kbsm/Rep.Linda Herlina

TRANSMETRO,-Kegiatan Operasi pengamanan mudik dan kunjungan wisata dalam rangka liburan Hari Raya Idhul Fitri Tahun 2022 telah berakhir pada, Senin(09/06/2022).

Khusus untuk Polres Sukabumi dan jajarannya, banyak kisah dan cerita heroik menyentuh perasaan kita yang dilakukan anggota Polri di Lapangan dalam melayani masyarakat pada saat pelaksanaan mudik dan kunjungan wisata ke wilayah Kabupaten Sukabumi.

Tidak mudah untuk mengamankan kunjungan wisata ke wilayah Sukabumi dimana menurut laporan ada 4,7 juta wisatawan yang datang berlibur ke Sukabumi.

Tentunya dengan jutaan wisatawan yang datang pada waktu hampir bersamaan memicu kepadatan volume kendaraan yang luar biasa disemua jalur menuju kawasan terutama wisata pantai.

Disisi lain, jumlah wisatawan begitu banyak di pantai menimbulkan persoalan tersendiri yaitu tentang keselamatan mereka selama beraktifitas dipantai selatan yang terkenal dengan ganasnya ombak yang setiap saat dapat membahayakan wisatawan.

Personil Polres Sukabumi dan semua unsur pengamanan yang terlibat dibawah pimpinan Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah bekerja ekstra keras baik siang maupun malam tanpa mengenal lelah untuk memastikan semua berjalan aman dan lancar, dengan prinsip biarlah volume kepadatan tinggi tetapi roda ban kendaraan tetap harus berputar, tidak jarang Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah langsung turun tangan dilapangan untuk mengatasi baik kemacetan dan kecelakaan dilaut

Humas Polres Sukabumi mencatat beberapa kisah heroik yang dilakukan oleh Polres Sukabumi diantaranya :

1. Polisi selamatkan wisatawan dengan pelepah pohon kelapa

Ipda Ade Suherman selakua petugas Pospam Pantai Karanghawu Cisolok Kabupaten Sukabumi berhasil menyelamatkan seorang wisatawan asal Bandung yang tercebur ke laut akibat tersapu ombak saat sedang asyik berfoto selfy dikarang (03/05/2022).

Yang lebih dramatis lagi aksi penyelamatan Ipda Ade Suherman kepada wisatawan bernama Sopian Sori (33), tersebut hanya mengandalkan pelepah kelapa yang ada dipantai.

2. Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah dorong mobil mogok ditanjakan Cisarakan Desa Buniwangi

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah harus bersusah payah mendorong sebuah kendaraan jenis pick up yang mogok ditanjakan Cisarakan Desa Buniwangi Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi (4/5).

Pada Rabu malam sekira pukul 19.00 wib, Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah mendapat laporan bahwa arus lalulintas dijalur Alternatif Cikidang terhenti dari kedua arah.

Akhirnya Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah didampingi Kasat Sabhara AKP Roni Haryanto melakukan pengecekan dengan menggunakan sepeda motor dan ternyata ditanjakan Cisarakan ditemukan sebuah kendaraan yang mogok ditengah tanjakan tersebut.

Karena situasi jalan yang tidak memungkinkan didatangkan derek karena padatnya kendaraan, akhirnya Kapolres Sukabumi langsung turun untuk mendorong mobil mogok tersebut dibantu masyarakat.

3. Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah buka jalan dan kawal mobil ambulance yang terjebak macet parah

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah membuka jalan dan kawal mobil ambulance yang terjebak macet parah di jalan Jayanti Palabuhanratu (05/05/2022).

Pada pagi itu Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah sedang memimpin penguraian kemacetan arus lalulintas yang sangat padat dari kedua arah baik dari Sukabumi ke Palabuhanratu maupun sebaliknya.

Ditengah keramaian kendaraan tersebut ada tiga buah ambulance yang berhenti karena terjebak macet, akhirnya Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah memerintahkan anggota Sabhara untuk mengawal ambulance tersebut.

Dua kendaraan ambulance berhasil dikeluarkan dari kemacetan namun ternyata masih satu ambulance terjebak ditengah kemacetan.

Tanpa pikir panjang Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah langsung membuka jalur dan mengawal ambulance tersebut yang ternyata membawa pasien dengan kondisi kritis.

Akhirnya pasien dalam ambulance terselematkan dan sang sopir Herman (35) mengungkapkan rasa terimakasihnya.

Vidio pengawalan ambulance oleh Kapolres Sukabumi kini viral dan ditonton ratusan ribu kali dikanal YouTube.

4. Penyelamatan wisatawan dari seretan ombak

Satuan Polairud Polres Sukabumi dan BKO Polda Jabar serta petugas Balawista berkali-kali berhasil menyelamatkan wisatawan yang hampir tenggelam terbawa ombak besar pada saat berenang dipantai.

“Sebetulnya masih banyak kisah menarik yang belum bisa kami ceritakan” ungkap Kasi Humas Polres Sukabumi Ipda Aah Saepul Rohman.

Semua itu dilakukan agar masyarakat dapat bergembira pada hari raya dengan aman, nyaman dan lancar.

Red/Hep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.