Ade Suryaman Dilantik Jadi Ketua Kwarcab , Bupati -lakukan Pembinaan Sesuai Karakter Dan Topografi-

Ade Suryaman Dilantik Jadi Ketua Kwarcab , Bupati -lakukan Pembinaan Sesuai Karakter Dan Topografi-

Pelabuhanratu,transmetro.id, 02 February 2023, Laporan Inf kbmi

SUKABUMI,- Ade Suryaman resmi menjadi Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi. Hal itu pasca pelantikan yang dilakukan oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi H. Marwan Hamami di Bale Budaya Pudak Arum, Kamis, (02/02/2023).

Sebelum melantik Ade Suryaman yang merupakan Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Marwan pun dinobatkan terlebih dahulu sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Pada kegiatan tersebut, sekaligus dikukuhkan pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga  SIAP SIAGA HADAPI DAN WASPADAI BENCANA...Simak Tips Dasarnya

Dalam arahannya, H. Marwan Hamami meminta Ade Suryaman untuk menjalankan amanah sebagai ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi dengan baik. Apalagi, gerakan pramuka dituntut untuk memberikan yang terbaik bagi generasi penerus bangsa.

“Gerakan Pramuka dituntut memberikan yang terbaik, terutama dalam pembinaan karakter generasi penerus bangsa,” ujarnya.

H. Marwan mengingatkan, Kabupaten Sukabumi memiliki karakter dan topografi yang berbeda. Sehingga, pembinaannya pun tidak bisa disamaratakan.

“Pembinaan gerakan pramuka harus disesuaikan dengan karakter dan topografi wilayahnya. Jadi tidak bisa disamakan antara pembinaan di wilayah pantai dan pegunungan. Sebab, karakternya berbeda,” ucapnya.

Namun dirinya meyakini, pendidikan karakter di pramuka mampu menciptakan kader yang handal. Hal itu terlihat di Kabupaten Sukabumi yang memiliki wilayah sangat luas. “Di Kabupaten Sukabumi sendiri, hampir semua saka ada,” ungkapnya.

Baca Juga  Raker Dewan Pendidikan, Bupati Sampaikan Empat Peran Komite Sekolah

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil mengaku bangga dengan Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, daerah terluas kedua se Jawa dan Bali ini, terus memperjuangkan pramuka.

“Mari kita semua memulai gerakan pramuka dengan rasa bangga. Semua untuk Kak Ade. Sebab pramuka bukan gerakan lokal ataupun nasional, namun jejaring internasional,” bebernya.

Maka dari itu, dirinya berpesan untuk terus menyosialisasikan gerakan pramuka. Salah satunya dengan mengaktifkan gugus depan di setiap sekolah. Selain itu, jalin kolaborasi dengan semua pihak.

“Di era digitalisasi ini, pramuka harus bisa mengatur teknologi, bukan menghindarinya. Saya yakin gerakan pramuka di Kabupaten Sukabumi akan banyak memberikan kebaikan bagi masyarakat,” terangnya.

Baca Juga  Penyerahan Bantuan Sarana Keagamaan Masjid RW di Kota Sukabumi Meningkatkan Tingkat Keberagamaan dan Keberhasilan Program Pemerintah Tahun 2023

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan, penguatan gerakan pramuka menjadi dasar pembenahan yang akan dilakukannya agar pramuka mampu menjembatani dan menyokong keberhasilan pembangunan di daerah.

“Alhamdulillah sejauh ini cukup menggembirakan. Gerakan Pramuka di Kabupaten Sukabumi semakin meningkat. Bahkan berbagai kegiatan kepramukaan pun semakin banyak dilaksanakan,” jelasnya.

Keberhasilan ini, menurutnya harus ditingkatkan. Sehingga, komitmen menyiapkan calon pemimpin bangsa dapat terbentuk. Terutama,pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian, dan akhlak mulia.

“Jadi, mari kita secara terus menerus dan bersama-sama mengibarkan panji panji gerakan pramuka,” pungkasnya.

Red/Frans Hp 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *