Dinas Perikanan Monitoring Budidaya Udang Vaname Di Tegalbuleud

Dinas Perikanan Monitoring Budidaya Udang Vaname Di Tegalbuleud

Tegalbuleud,+transmetro.id, Jum’at 06 October 2022, Laporan, inf/kbsm.

SUKABUMI,-Pastikan ketersediaan sarana pembudidaya ikan, Dinas Perikanan Kab. Sukabumi lakukan monitoring budidaya udang vaname di pokdakan Sumber Berkah Arrobi, Desa Tegalbuleud, Kec.Tegalbuleud.

Hasil monitoring menunjukan aktivitas budidaya udang vaname di pokdakan Sumber Berkah Arrobi akan memasuki siklus ketiga, yang dimulai dengan pembenahan kolam/tambak berlapiskan terpal high density polyethylene (HDPE).

HDPE merupakan bahan yang tahan terhadap korosi, cairan asam, ataupun panas tinggi, Penggunaan terpal HDPE dapat menjaga tingkat kehidupan udang yang lebih tinggi pada sistem tambak intensif.

Rencananya pembelian benur akan dilakukan dari Pokdakan lain seperti pokdakan Cipeundeuy-Surade dan poktan Medal Munggaran-Tegalbuleud.

Baca Juga  JPKP Gelar Aksi, Soroti Pembangunan Wilayah Bogor, Pj.Bupati Dianggap Tak Responsif

Sementara rencana tebar benur dijadwalkan bulan Nopember 2022.

“Dari laporan yang saya terima, akan dilakukan ujicoba pembuatan sumur resapan di pesisir pantai untuk antisipasi pasokan air laut pada musim barat/cuaca ekstrim” terang Kadis Perikanan, Nunung Nurhayati saaat dihubungi ditempat terpisah.

Sedangkan masalah utama adalah daya aliran listrik yang tidak stabil/sering padam ; pasokan air laut sering terganggu terutama pada musim barat/cuaca ekstrim ; dan ketersediaan BBM.

Dalam kesempatan tersebut diberikan bantuan sarana prasarana pengelolaan budidaya ikan kepada pokdakan.

“Bansapras yang bersifat stimulus ini diharapkan bisa berkelanjutan, berkembang lebih banyak dan bermanfaat bagi anggota pokdakan” ungkap Nunung.

Diketahui untuk mengurangi biaya produksi pakan, pengurus dan anggota pokdakan berupaya mencari pakan alternatif secara mandiri.

Baca Juga  Wabup, Buka Festival Durian, Ratusan Masyarakat Sukabumi Sambut Antusias

” tentu perlu dukungan dari semua pihak, baik pembinaan secara rutin maupun bantuan sarana prasarananya” pungkas Nunung.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *