DPRD Kabupaten Sukabumi Bahas Persiapan Pemilu 2023-2024 dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

DPRD Kabupaten Sukabumi Bahas Persiapan Pemilu 2023-2024 dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Sukabumi, transmetro.id, 11 September 2023, Laporan:sbr/inf/kbsm.

SUKABUMI ,-Bupati Sukabumi H Marwan Hamami mengikuti Rapat Koordinasi lintas sektoral dalam rangka operasi mantap brata menjelang Pemilu 2023-2024,  di Aula Wicaksana Laghawa Mapolres Sukabumi, Selasa (10/10/2023).

Rakor lintas sektoral dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Kapolres Sukabumi, Dandim 0622, KPU Provinsi Jawa Barat, Bawaslu serta instansi lainnya.

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami mengatakan, rakor lintas sektoral merupakan ajang penyampaian aspirasi dari masing-masing instansi, terkait kondisi atau langkah pelaksanaan pemilu serentak 2024 yang aman, damai, dan lancar

“Mekanisme pelaksanaan pemilu serentak 2019 untuk dijadikan pegangan dasar dan bahan evaluasi dalam meminimalisir risiko terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan,” jelasnya.

Baca Juga  Kapolres Sukabumi Ungkap Kasus Perbuatan Cabul: Ritual Obat Berujung Pidana

Bupati memaparkan, Tahun 2024 akan menjadi sejarah pesta demokrasi besar di Indonesia pertama dilakukan secara serentak pada 14 Februari nanti, yakni memilih presiden, DPR RI, DPRD dan DPD RI. Juga dilanjutkan dengan Pilkada serentak pada 24 November 2024.

Banyak tahapan pelaksanaan pemilu yang harus diperhatikan sambung H Marwan, terutama pengawasan Daftar Calon Tetap (DCT), maka Bawaslu perlu merumuskan langkah-langkah mitigasi risiko yang dapat dilakukan dalam memaksimalkan kinerja pengawasan tahapan pencalonan.

“Tentunya KPU dan Bawaslu harus mengantisipasi tahapan-tahapan secara teliti, terutama dalam mencermati DCT,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Ia pun menegaskan, kepada Partai Politik yang menjadi kontestasi Pemilu agar ikut serta menciptakan pemilu aman dan damai. Sehingga bisa menjadi garda depan dalam menyelesaikan problematika yang terjadi sebelum ditindaklanjuti oleh aparat keamanan.

Baca Juga  Wabup" Abah Asep Sosok Multitalenta" Founder Desa Wisata Hanjeli Di Nominasikan Menerima KALPATARU (Pohon Kehidupan)

“Kami mohon kerjasamanya kepada jajaran Polres dan Dandim untuk menciptakan kondusifitas di lapangan saat pelaksanaan pemilu berlangsung,” pintanya.

H Marwan pun mengajak kepada semua pihak, menciptakan pesta demokrasi secara kekeluargaan, lantaran pesta demokrasi bukan pesta penegakan hukum, tetapi bagaimana untuk memilih pemimpin yang diharapkan.

Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede menyatakan, pihaknya sejauh ini sudah siap mengamankan Pemilu serentak 2024 yang aman, damai dan lancar.

“Kita berharap semua sesuai tupoksinya masing-masing untuk bersama-sama berkolaborasi, sehingga bisa mencegah apabila ada indikasi yang menghambat keberlangsungan Pemilu 2024 nanti,”singkatnya.

Rakor dilanjutkan paparan dan pandangan dari masing-masing instansi terhadap kesiapan dan strategi pengamanan pemilu 2024, mulai dari perwakilan KPU provinsi Jabar yang disampaikan Kadiv Teknis Penyelenggara KPU Prov Jabar, Adi Saputro, Ketua Bawaslu Kab. Sukabumi, Faisal Rifai, Pasi Ops, Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Kapten (Arm) Hermawan, dan Kabag Ops, Polres Sukabumi, Kompol Maryono.

Baca Juga  Sekda Kab. Sukabumi Pimpin Rakor Terkait Persiapan Verifikasi Lanjutan Kabupaten Kota Sehat (KKS) Tahun 2023

Red/SNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *