Festival Pencak Silat Piala Bupati Kabupaten Sukabumi: Ajang Menggali Warisan Seni dan Identitas Bangsa

Festival Pencak Silat Piala Bupati Kabupaten Sukabumi: Ajang Menggali Warisan Seni dan Identitas Bangsa

Palabuhanratu, transmetro.id, 23 Oktober 2023, Laporan:sbr/inf/kbsm.

SUKABUMI -Ratusan atlet pencak silat dari berbagai perguruan silat se-Kabupaten Sukabumi mengikuti Festival Pencak Silat Piala Bupati road to Festival Pencak Silat Jawa Barat Tahun 2023, di Gor Venue Tinju Palabuhanratu, Senin, 23 Oktober 2023. Festival Pencak Silat yang dibuka Bupati Sukabumi H Marwan Hamami tersebut yang akan berlangsung dari tanggal 23 hingga 25 Oktober mendatang.

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami meminta kepada ratusan atlet yang mengikuti festival pencak silat piala Bupati Sukabumi agar mengikuti dengan serius, supaya bisa mengharumkan daerah dan warisan budaya ini kejenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga  DPRD Kab.Sukabumi Mengucapkan Selamat HUT RI ke 78 Tahun 2023

“Apalagi Pencak Silat saat ini sudah diakui oleh Unesco sebagai warisan budaya di Indonesia. Oleh karena itu, lakukan dengan sungguh-sungguh festival ini,” terangnya.

Bupati menyampaikan, selain ajang mengembangkan warisan, festival pencak silat juga dinilai dapat menguatkan kembali identitas jati diri bangsa. Maka dari itu, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabur Sukabumi untuk menjaga keutuhan warisan seni tersebut.

“Mari bersama-sama kita jaga warisan budaya ini, sehingga silat menjadi suatu ikon di Kabupaten Sukabumi,” imbuhnya.

Tak lupa Bupati pun mengingatkan kepada para atlet, agar seni silat terus diiringi dengan beribadah, sebagaimana tagline yang terkandung dalam silat, yaitu Shalat, Shalawat, dan Silat.

“Semoga dengan seleksi silat ini bisa menjawab tantangan bangsa kedepan,” tandasnya.

Baca Juga  Pasca Libur Hari Raya Idul Fitri 1444H, Wali Kota Sidak Kehadiran ASN Di Pertama Hari Kerja

Kepala Bidang Olahraga, Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Arif budianto menambahkan, Festival Pencak Silat Piala Bupati diikut sekitar 150 atlet dari berbagai perguruan silat di Kabupaten Sukabumi, baik Paguron, dan lembaga pendidikan tingkat SD sampai SLTA.

Terdapat tiga kategori pada festival tersebut, antara lain kategori tunggal anak perorangan putra putri usia 6 sampai 12 tahun, kategori berpasangan putra-putri usia 13 sampai 17 tahun dan kategori rampak anak-anak dan sesepuh.

Pemenang seleksi pada festival Pencak Silat Piala Bupati tersebut, selanjutnya akan bertanding pada Festival Pencak Silat Jawa Barat Tahun 2023, yang akan di gelar di Kota Cirebon pada tanggal 30 Oktober sampai 3 November 2023.

Baca Juga  Ade Suryaman Tekankan Proyek Perubahan Harus Mendukung Visi Misi Kab. Sukabumi

Red/SNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *