Vaksinasi Rabies Gratis, Dinas Peternakan Kab. Sukabumi Siapkan 300 Dosis

Vaksinasi Rabies Gratis, Dinas Peternakan Kab. Sukabumi Siapkan 300 Dosis

Palabuhanratu, transmetro.id Rabu, 29 September 2022 Laporan: inf/kbsm

SUKABUMI-Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi menggelar vaksinasi gratis untuk hewan, Vaksin rabies gratis ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT Ke-152 Kabupaten Sukabumi yang juga bertepatan dengan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) Tahun 2022. Vaksinasi gratis tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman.

Pelayanan vaksinasi dibuka sejak pukul 09:00 WIB hingga 14:00 WIB dihalaman Alun-Alun Palabuhanratu, Kamis (29/92022).

Kepala Dinas Peternakan Kab. Sukabumi Hj Dedah Herlina mengatakan, tujuan pemberian vaksinasi gratis ini untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa rabies dapat dicegah penyebarannya serta penularannya secara signifikan melalui penerapan vaksinasi yang disiplin dan berkelanjutan di daerah asal.

Baca Juga  SMK Parawisata Cicurug Mengucapkan HUT FPII Ke 7

“Vaksinasi gratis ini dilaksanakan dimasing-masing wilayah UPTD di Kab. Sukabumi, hari ini dilaksanakan untuk wilayah Palabuhanratu meliputi Kecamatan Cisolok, Simpenan, Bantargadung dan Warungkiara” Jelasnya.

Hj. Dedah menjelaskan, target sasaran vaksinasi hewan untuk wilayah Palabuhanratu sebanyak 300 dosis yang disediakan dan diperuntukan bagi jenis hewan peliharaan diantaranya, kucing, anjing, kera dan musang. Dirinya berharap dengan adanya vaksin hewan ini masyarakat mempunyai kesadaran akan berbahaya nya penularan rabies.

“Kami berharap masyarakat mempunyai kesadaran untuk memvaksin hewan peliharaannya, sehingga mereka tidak hanya mengandalkan program vaksinasi gratis saja namun juga harus secara berkala melakukan vaksinasi sesuai anjuran kedokteran” Imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kab. Sukabumi Ade Suryaman mengapresiasi Dinas Peternakan Kab. Sukabumi yang telah menginisiasi terselenggaranya pelayanan vaksinasi hewan secara gratis tersebut.

Baca Juga  Anggota DPRD Andri Hidayana: 5 Tokoh Masuk Radar PPP Sebagai Calon Bupati Sukabumi

“Kasus rabies di Kab. Sukabumi telah bebas sejak tahun 2019 sampai dengan saat ini, namun harus tetap waspada dan apik dalam merawat dan memelihara hewan agar terhindar terjangkitnya kasus rabies terhadap manusia” Tegasnya.

Sekda menghimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki hewan peliharaan untuk terus lakukan vaksinasi secara berkala, agar hewan peliharaan tersebut bisa sehat dan tidak menimbulkan penyakit terhadap pemeliharanya.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *